Tepis Isu Politik Ali Mukhni Tegaskan Komitmen Pembangunan Jalan Tol

Foto: Andri
Parit Malintang - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni kembali menegaskan komitmen pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol Padangpariaman - Pekanbaru yang berada di wilayah Kabupaten Padangpariaman.

Hal itu dia sampaikan di hadapan peserta Rapat Kerja LKAAM se-Sumatera Barat, di Aula Kantor Bupati Padangpariaman di Nagari Parit Malintang, Selasa (13/11).

Salah satu bentuk keseriusan pihaknya mendukung program pembangunan jalan tol, terlihat telah dibebaskannya sejumlah lahan untuk keperluan pembangunan ruas tol.

“Jadi bagaimana mungkin saya dikatakan tidak serius mendukung pembangunan jalan tol di Kabupaten Padangpariaman ini, padahal sampai saat ini keperluan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol itu sendiri belum dibayar atau diganti rugi sepeserpun. Ini kan jelas bentuk komitmen kita dan masyarakat Padangpariaman dalam mendukung pembangunan jalan tol,” kata dia.

Bagaimanapun, kata dia, pihaknya menyadari sepenuhnya bahwa pembangunan jalan tol di daerah Padangpariaman adalah bagian harga diri sekaligus marwahnya Sumatera Barat.

“Makanya masyarakat dan Pemerintah Padangpariaman dua ribu persen mendukung program tersebut,” jelasnya.

Ali Mukhni menegaskan, pihaknya merasa perlu menegaskan hal tersebut, karena sejauh ini ada sinyalemen berkembang yang mengaitkan pembangunan jalan tol dengan masalah politik, sehingga seolah-olah ada kesan bahwa Sumbar termasuk Padangpariaman tidak begitu serius mendukung pembangunan jalan tol.

Padahal fakta di lapangan, sebutnya, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bersama Niniak Mamak yang tergabung dalam LKAAM sangat serius mendukung program pembangunan jalan tol tersebut.

Di pihak lain, Bupati Ali Mukhni juga menegaskan pentingnya peran Niniak Mamak, baik itu  yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau LKAAM ataupun lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada di nagari, dalam mendukung program pemerintah daerah.

“Jujur saja harus kami akui, sejarah berdirinya Kantor Bupati di Parit Malintang ini juga tidak terlepas dari dukungan Niniak Mamak, termasuk yang tergabung dalam LKAAM Padangpariaman,” tegasnya.

Pihaknya juga menyadari bahwa pencapaian pembangunan yang diraih Kabupaten Padangpariaman saat ini, juga tidak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa dukungan berbagai pihak, terutama dukungan dari kalangan Niniak Mamak.

Dia mencontohkan berbagai pencapain pembangunan akhir-akhir ini, seperti pembukaan dan pengembangan Kawasan Tepadu Tarok (KPT), atau pembangunan Politeknik Ilmu Pelayaran yang belakangan disebut sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, M Sayuthi Dt Rajo Pangulu maupun Ketua LKAAM Padangpariaman, Damsuar Dt Bandaro Putiah, dalam kesempatan itu juga menegaskan komitmen LKAAM dalam mendukung setiap program pemerintah yang bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Baik itu program yang bersifat fisik maupun pembangunan mental spritual lainnya.

“Karena seperti diketahui tantangan yang dihadapi oleh anak kemenakan kita dewasa ini juga semakin komplek. Makanya ini tentu menjadi perhatian bagi semua pihak, termasuk niniak mamak dan pemerintah daerah,” ujar Damsuar Dt Bandaro Putiah.

Senada dengan itu Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen LKAAM Sumbar mendukung setiap program positif yang digalang pihak pemerintah, termasuk pembangunan jalan tol.

“Bagaimana tidak karena dengan adanya ruas jalan tol trans Sumatera ini misalnya, maka akses menuju Kota Pekanbaru dan daerah lainnya juga akan semakin cepat pula. Inikan jelas sangat positif dan perlu kita dukung sepenuhnya,” terangnya.

Tidak kalah pentingnya, M Sayuti Dt Rajo Pangulu juga menegaskan komitmen pihak LKAAM Provinsi Sumbar untuk memperjuangkan percepatan sejumlah program pembangunan yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Pada Raker Selasa kemarin Niniak Mamak yang tergabung dalam LKAAM juga menyampaikan pernyataan tekad mendukung suksesnya pelaksanaan Porprov Sumbar di Kabupaten Padangpariaman. (Nanda)