Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

[Laporan Utama] Emas Sepakbola dan 307 Keping Medali, Prestasi Terbaik Padangpariaman di Porprov

28 November 2018 | 28.11.18 WIB Last Updated 2018-11-28T15:28:30Z
Wagub Sumbar, Bupati, Wabup, Ketua DPRD dan sejumlah tokoh olahraga Padangpariaman foto bersama dengan tim sepakbola Padangpariaman usai pengalungan medali emas. Foto: Nanda
Sungai Sariak - Kesebelasan Kabupaten Padangpariaman berhak atas medali emas paling bergengsi cabang olahraga sepakbola Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke XV setelah berhasil menundukan kesebelasan Kabupaten Solok Selatan dengan catatan papan skor 1-0 di Stadion GOR Sungai Sariak, Rabu sore (28/11).

Bermain di kandang sendiri dan dihadiri ribuan suporter, kesebelasan Padangpariaman tampil percaya diri dan bermain lepas. Gol kesebelasan Padangpariaman tercipta pada menit ke-31 babak pertama melalui tendangan pemain bernomor punggung 11 Muhammad Jeri - yang memanfaatkan umpan bola mati pemain Padangpariaman bernomor punggung 6, Agus Wicaksono. 


Bupati Ali Mukhni salam komando dengan salah seorang atlet. Foto: Masrudi Suryanto
Gol satu-satunya di babak pertama yang menggetarkan gawang Solok Selatan - yang dijaga kiper Thoriq itu - bertahan hingga turun minum babak pertama.

Memasuki babak kedua pada pukul 15.37 WIB, kesebelasan Solok Selatan mempercepat tempo permainan. Permain berlangsung sengit hingga wasit mengangkat kartu kuning bagi salah satu pemain Padangpariaman.


Perolehan medali fix Porprov Sumbar ke XV yang diselenggarakan di Kabupaten Padangpariaman
Dengan umpan-umpan panjang, Solok Selatan mencoba memberi tekanan pada gawang kesebelasan Padangpariaman. Meski demikian, kesebelasan Solok Selatan tidak mampu mengubah kedudukan.

Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit. Hasil 1-0 membuahkan medali emas bagi kesebelasan Kabupaten Padangpariaman. Dan kesebelasan Solok Selatan harus puas dengan membawa pulang medali perak.

Medali emas sepakbola dan kegembiraan warga Padangpariaman.

Kabar kemenangan tim sepakbola Padangpariaman pada laga final, seketika viral di pelbagai paltform media sosial. Postingan di facebook, twitter dan instagram dipenuhi rasa syukur warga Padangpariaman di seantero jagad maya. Apalagi medali emas futsal juga telah dikantongi sebelumnya oleh Padangpariaman.

Medali emas sepakbola juga disandingkan dengan perolehan 109 keping medali emas, 94 perak dan 107 keping medali perunggu. Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Padangpariaman keluar sebagai runner up Porprov Sumbar ke XV berada di bawah raihan Kota Padang yang berhasil mengantongi 151 emas, 88 perak dan 116 perunggu.

Perolehan medali emas Padangpariaman pada Porprov Sumbar ke XV meroket di atas 100 persen dari perolehan keping emas pada Porprov ke XIV di Kota Padang pada 2016 silam. Sedangkan perolehan emas Kota Padang menyusut hingga 25 persen jika dibandingkan Porprov Sumbar 2016 tersebut.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni bijaksana menyikapi prestasi kontingen Padangpariaman di Porprov XV Sumbar di mana Padangpariaman selaku tuan rumahnya. Ayah dari Ketua KNPI Padangpariaman Muhammad Ikhbal itu meminta kepada seluruh atlet, panitia, pelatih dan ofisial tidak menjadi sombong karena euforia kemenangan kontingen.

Ia juga menghibur bagi tim yang mengalami kekalahan agar jangan larut dalam kesedihan. Olahraga yang mengedepankan sportifitas, kalah dan menang adalah persoalan biasa yang mesti disikapi dengan kelapangan hati.

Bupati yang juga Ketua DPW PAN Sumbar itu mengatakan bahwa iven Porprov selain ajang pembuktian pembinaan atlet daerah, juga sarana menjalin hubungan silaturahmi antar sesama pemain, daerah dan saling menggali pengalaman.

"Meskipun target juara umum belum tercapai, namun baru pada Porprov XV ini perolehan medali Kota Padang nyaris disusul oleh Padangpariaman. Biasanya perolehan medali emas Kota Padang selalu di atas 200 keping dan Padangpariaman berkisar di 50 keping emas saja. Di Porprov XV ini, raihan Padang dan Padangpariaman sama-sama di atas 100 keping medali emas," pungkas Ali Mukhni yang digadang salah satu kandidat terkuat Gubernur Sumbar mendatang itu.


Ketua KONI Aprinaldi, M.Pd
Ketua KONI Kabupaten Padangpariaman Aprinaldi berkata bahwa keberhasilan Padangpariaman meraih medali emas bergengsi sepakbola dan runner up Porprov ke XV, tidak terlepas dari persiapan matang dan pembinaan atlet selama ini.

"Tentunya dengan mengikutkan atlet dari berbagai cabang olahraga seperti Kejurda hingga Kejurnas. Di samping itu juga pemusatan latihan di luar Sumatera Barat seperti panahan ke Pekanbaru, tenis meja ke Jakarta, dll," ungkapnya.

Pembinaan seluruh pengurus cabang olahraga di KONI selalu berjalan tidak hanya menjelang pelaksanaan iven Porprov. Bahkan KONI Padangpariaman turut aktif pada setiap perhelatan olahraga hingga PON dan Asian Games beberapa waktu lalu.

"Atlet Padangpariaman tidak dilahirkan secara instan. Kami memiliki manajemen pembinaan atlet yang terstruktur pada setiap cabor di pengcab," ujar putra Kampung Dalam yang juga politisi muda PAN itu.

Ke depannya, dunia olahraga Padangpariaman akan terus melakukan pembenahan hingga menjadi daerah penghasil atlet-atlet yang bisa mewakili Sumbar ke tingkat nasional dan mewakili Indonesia di tingkat internasional.

"Dalam waktu dekat atlet kita juga berlaga di Pra PON. Sejumlah atlet Padangpariaman seperti Taekwondo, Panahan dan Soft Tenis merupakan atlet nasional yang selalu turun pada kejuaran nasional dan internasional. Untuk olahraga, Padangpariaman tidak akan pernah berhenti melakukan pembinaan," pungkas Magister Ilmu Olahraga UNP itu.


Ketua KONI Aprinaldi dan Ketua KNPI Padangpariaman saat penyerahan medali kepada atlet putri Padangpariaman. Foto: Masrudi Suryanto
Ketua KNPI Kabupaten Padangpariaman Muhammad Ikhbal bangga dengan prestasi Padangpariaman pada Porprov Sumbar ke XV.

Politisi PAN Sumbar itu mengatakan perolehan medali Padangpariaman pada Porprov Sumbar ke XV merupakan capaian terbaik Padangpariaman selama mengikuti Porprov. Dengan mendulang 307 keping medali - dengan rincian 109 emas, 92 perak dan 107 perunggu - prestasi Padangpariaman membuat bangga seluruh warga Padangpariaman, baik di ranah maupun di perantauan yang antusias memantau Porprov melalui media.

"Raihan ini patut kita apresiasi. Semua cabor telah bekerja maksimal dan KONI Padangpariaman harus kita beri apresiasi sebesar-besarnya," kata Ikhbal yang juga Ketua IMI Padangpariaman itu.

Ia memuji kinerja KONI Padangpariaman di bawah komando Aprinaldi yang mampu melakukan pembinaan kepada seluruh cabor olahraga prestasi di Padangpariaman.

"Sejak kepemimpinan Ketua KONI Aprinaldi, prestasi olahraga Padangpariaman melesat jauh. Kita berharap pada Porprov 2020 di Pasaman Barat, Padangpariaman lebih berprestasi lagi dan melebihi capaian sekarang sebagaimana harapan Bapak Bupati," ungkapnya. (Nanda/OLP)
×
Berita Terbaru Update