Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indahnya Kawasan Puncak 'Gunuang' Kasang Arena Paralayang Porprov

17 November 2018 | 17.11.18 WIB Last Updated 2018-11-16T17:36:17Z
Muhammad Ikhbal terkesima akan keindahan panorama Puncak Gunuang Kasang yang menjadi lokasi arena Paralayang Porprov. Foto: istimewa
Batang Anai - Kawasan Bukik Kanter atau Gunuang Kasang di Nagari Sungai Buluah Selatan, Kecamatan Batang Anai, Padangpariaman, tidak serta merta ditunjuk sebagai lokasi atau arena cabang olahraga elit Paralayang pada Porprov Sumbar ke XV di Padangpariaman.

Kawasan perbukitan dengan ketinggian lebih dari 1.000 Mdpl itu telah melalui serangkaian riset. Mulai dari ketinggian, kecepatan angin hingga tingkat kecuraman pada lembah di perbukitan itu. Hingga, kawasan tersebut digadang-gadang menjadi arena paralayang terbaik di Sumbar.

Ketua KNPI Padangpariaman Muhammad Ikhbal bersama Ketua KONI Padangpariaman Aprinaldi - yang ikut dalam rombongan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni melihat persiapan panitia Paralayang jelang Porprov - mengatakan sebelumnya Gunuang Kasang telah sering dikunjungi oleh wisatawan, meskipun masih bersifat insindentil dan ekslusif.

Ia yang baru pertama kalinya menginjakakan kaki di puncak bukit itu, mengaku ada potensi tersembunyi di salah satu titik tertinggi di Padangpariaman ini.

Putra Sulung Bupati Ali Mukhni itu berujar, dari puncak Gunuang Kasang membentang panorama alam yang memukau. Dari sana terlihat jelas Bandara Internasional Minangkabau, Gunuang Talang, lautan lepas hingga jajaran pulau - pagar lautnya kabupaten Padangpariaman.

"Selangkah lagi kawasan ini akan menjadi salah satu primadona wisata Padangpariaman. Bayangkan, di satu kawasan saja bisa disulap jadi arena trekking, trabas hingga paralayang," ujar Ketua IMI Padangpariaman ini di Batang Anai, Jumat (16/11).

Kata Ikhbal, itu baru satu kawasan saja. Masih dalam area yang tidak terlalu jauh, juga terdapat air terjun Sarasah yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika kawasan tersebut dipadukan menjadi satu destinasi, daerah itu akan menjelma jadi nagari wisata.

"Tentu akan menarik minat wisatawan kalangan umum dan khusus. Contohnya air terjun Sarasah bagi wisata keluarga, dan puncak bukit sebagai destinasi camping dan outbound bagi wistawan minat khusus. Hal ini jika digarap dengan serius dan tentunya didukung oleh masyarakat sekitar, Gunuang Kasang akan menjadi destinasi wisata favorit dan akan berimbas pada tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," imbuhnya.

Untuk menuju lokasi Gunuang Kasang, wisatawan bisa masuk dari simpang Perumahan Kasai Permai yang terletak di Jalan Padang - Bukittinggi. Sekitar 2 km masuk ke dalam, pengunjung akan tiba di area pendakian ke puncak Gunuang Kasang.

Jalan aspal menuju ke sana memang belum terlalu lebar. Untuk menuju puncak masih jalan tanah. Dibutuhkan kendaraan double gardan agar kuat menanjak atau bisa juga dengan sepeda motor dengan ban offroad mencapai puncak. Gunuang Kasang sendiri berhawa sejuk, masih asri dan hijau.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni berjanji akan membenahi infrastruktur menuju puncak Gunuang Kasang. Mulai dari pelebaran jalan dari simpang Perum Kasai Permai, hingga mengasapal jalan menuju ke puncak.

"Dalam dua tahun ke depan insya Allah jalan menuju puncak (Gunuang Kasang) siap kita kerjakan," ujar Ali Mukhni.

Ali Mukhni menyadari betul potensi wisata yang ada di Padangpariaman perlu pembenahan sarana insfrastruktur penunjang.

"Padangpariaman satu-satunya daerah di Sumbar yang memiliki destinasi wisata terlengkap. Kita punya laut, perbukitan, air terjun, lembah, pemandian alami, dll. Karena Padangpariaman sangat luas, kita petakan semua, lalu membuat masterplan kemudian sesegera mungkin fokus menggarapnya," pungkasnya. (OLP)
×
Berita Terbaru Update