KPU Pariaman Terima Salinan Jadwal Pelantikan Genius-Mardison di Gubernuran

Genius-Mardison berswafoto dengan para pendukung. Foto: istimewa/Nanda
Pariaman - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman benarkan jadwal pelantikan pasangan pemenang Pilkada Pariaman 2018 Genius Umar-Mardison Mahyuddin, pada Selasa 9 Oktober 2018.

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan, pihaknya telah menerima salinan tentang jadwal pelantikan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin sebagai walikota dan wakil walikota Pariaman periode 2018-2023.

"Pelantikan walikota dan wakil walikota Pariaman merupakan kewenangan Protokoler Gubernuran. KPU hanya sampai menetapkan paslon terpilih," ujarnya saat dihubungi via seluler, Jumat (5/10).

Ia juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima undangan resmi pelantikan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018-2023 tersebut.

Terpisah, Wakil Walikota Pariaman terpilih periode 2018-2023 Mardison Mahyuddin mengakui, sebelumnya Mendagri pernah mengeluarkan edaran tentang pelantikan pasangan kepala daerah terpilih Pilkada serentak 2018. Oleh edaran tersebut, masih banyak yang mengira pelantikan akan digelar pada Desember.

Pada edaran tersebut, pelantikan paslon walikota dan wakil walikota Pariaman terpilih, dijadwalkan pada tanggal 20 Desember 2018 secara serantak bersama sejumlah kepala daerah lainnya di seluruh Indonesia yang menghelat pilkada.

Namun seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan. Jadwal pelantikan disesuaikan oleh Kementerian Dalam Negeri dengan kondisi di daerah masing-masing.

"Jadi pelantikan 9 Oktober sudah sesuai jadwalnya. Yakni, habisnya masa kepemimpinan pasangan walikota dan wakil walikota Pariaman periode sebelumnya," kata Mardison di Desa Kampung Baru, Pariaman Tengah.

Ketua tim kampanye Genius Umar-Mardison Mahyuddin, Mulyadi menyebut, pelantikan akan dilangsungkan di kantor Gubernur Sumatera Barat, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 51 Padang.

"Jadwal pelantikan wako dan wawako terpilih telah ditetapkan Menteri Dalam Negeri dan sudah sampai kepada kami," ujar Mulyadi.

Sehari setelah pelantikan, DPRD Kota Pariaman dijadwalkan akan langsung menggelar rapat paripurna serah terima jabatan dari Walikota Pariaman Mukhlis Rahman kepada Walikota dan Wakil Walikota Pariaman yang baru.

"DPRD Kota Pariaman akan langsung menggelar paripurna serah terima jabatan antara walikota yang lama dengan yang baru," ulasnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada persiapan khusus Genius Umar dan Mardison Mahyuddin untuk menghadiri pelantikan tersebut. Pihaknya masih menunggu juknis tertib acara untuk memastikan jumlah rombongan yang akan menghadiri pelantikan tersebut.

"Kami baru tiba di Pariaman pagi ini. Yang jelas tidak ada persiapan khusus, hanya menunggu tertib acara dan mempersiapkan jumlah rombongan yang kemungkinan akan menghadiri pelantikan," pungkasnya. (Nanda/OLP)