Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisatawan Asing: Pariaman Bagus, Sayang Kurang Informasi Dalam Bahasa Inggris

17 September 2018 | 17.9.18 WIB Last Updated 2018-09-17T12:23:02Z
Wakil Ketua DPRD Pariaman Fitri Nora bersama Chris Strow di Pulau Angso Duo. Foto: Nanda
Pariaman - Deputy Controller Division Of Idaho United State Of America, Chris Strow mengatakan, informasi seputar Kota Pariaman dalam bahasa Inggris sangat minim.

Hal ini menjadi kendala bagi dirinya dan wisatawan asing lain jika  ingin berkunjung ke Kota Pariaman. Informasi tentang kota Pariaman lengkap dengan destinasi wisatanya ada, namun baru sebatas dalam bahasa Indonesia.

Hal itu disampaikan Chris ketika memenuhi ajakan Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora mengunjungi Pulau Angso Duo, Pariaman, Senin (17/9) siang. 

"Informasi tentang kota Pariaman dalam bahasa Inggris sangat sedikit. Dari pencarian mesin pencari internet tidak banyak ditemukan informasinya sehingga referensi tentang Pariaman juga sedikit. Ini yang membuat potensi kota Pariaman belum banyak diketahui wisatawan asing," kata Chris.

Tidak hanya informasi, sedikitnya pelaku wisata Kota Pariaman yang bisa berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris membuat dirinya sulit berkomunikasi selama berada di Kota Pariaman. Di objek wisatapun belum banyak ditemukan pemandu wisata yang mengusai bahasa Inggris.

Menurut Chris, keindahan alam, budaya yang unik serta keragaman kuliner khas Pariaman tidak diragukan lagi. Namun, minimnya promosi dan penyebaran informasi, membuat potensi wisata di kota Pariaman juga tidak banyak diketahui wisatawan asing.

"Kota Pariaman memiliki seluruh unsur yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke kota Pariaman. Kondisi alam, budaya, makanan sangat unik. Namun hal tersebut tidak didukung dengan ketersedian informasi tentang kota Pariaman dalam bahasa asing sehingga menyulitkan wisatawan asing mencari informasi tentang kota Pariaman," ujarnya.

Ia berharap pemerintah setempat memperbanyak informasi yang mengulas kota Pariaman tentang berbagai hal. Dengan banyak informasi tentang daerah tersebut, wisatawan akan memiliki banyak informasi tentang keindahan Kota Pariaman.

Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman meminta agar Pemerintah Kota Pariaman meningkatkan promosi wisata kota Pariaman, salah satunya dengan memperbanyak ulasan kota Pariaman dalam bahasa asing.

"Informasi tentang wisata kota Pariaman belum banyak diulas dalam bahasa Inggris, ini tentu sulit bagi wisatawan asing untuk mengetahui informasi seputar kota Pariaman. Kami berharap ke depan, pemerintah bisa lebih optimal lagi promosinya," katanya.

Ia juga meminta agar dinas membekali keterampilan bahasa asing kepada pelaku wisata di kota Pariaman. Tidak hanya itu, dinas bisa pula menempatkan pemandu wisata yang memiliki kemampuan bahasa Inggris. Informasi tentang objek wisata akan dijelaskan pemandu kepada wisatawan asing.

"Kita ingin agar objek wisata ada pemandunya. Bisa berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris," pungkasnya. (Nanda).
×
Berita Terbaru Update