Tiba di Tanah Air, Seluruh Jemaah Haji Pariaman Sehat Walafiat

Rombongan jemaah haji Pariaman tiba di Embarkasi Padang. Foto/Win

Pariaman - Jemaah Haji kelompok terbang (Kloter) 11 Embarkasi Padang asal Kota Pariaman, Kota Padang dan Kota Padangpajang, telah sampai di Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Sabtu (8/9).

Ratusan jemaah tersebut sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada pukul 10.27 WIB dari Bandara King Abdul Aziz dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER.

Adapun jamaah haji asal Kota Pariaman tersebut berjumlah sebanyak 117 orang. Total tersebut terdiri dari 114 jemaah haji yang salah satunya Walikota Pariaman Mukhlis Rahman beserta istri Dafreni Afdal dan dua orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) serta satu orang dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar yang menjemput rombongan, mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah haji Kloter 11 Embarkasi Padang asal Kota Pariaman yang telah sampai di Tanah Air dengan selamat.

"Kami segenap jajaran Pemko Pariaman mengucapkan selamat datang kepada seluruh jemaah haji yang telah sampai di Kota Pariaman dengan selamat. Semoga menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Proses penjemputan jemaah haji dari BIM ke Asrama Haji dikawal oleh Satlantas Polres Pariaman, Dishub dan Satpol PP Kota Pariaman hingga sampai ke Balaikota Pariaman dengan menggunakan 3 bus pariwisata.

Sebelumnya, usai jemaah haji sampai di BIM para jemaah langsung bertolak ke Asrama Haji Tabing Padang untuk menyantap makan siang sekaligus mendengarkan laporan dari Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang serta menerima ucapan selamat dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat serta Pemko Pariaman, Padangpanjang dan Padang atas pulangnya jemaah haji ke Tanah Air dengan selamat.

Sementara itu dari laporan PPIH Embarkasi Padang Tahun 2018/1439 Hijriyah Kloter 11, Hendri, mengatakan bahwa jumlah jemaah haji Embarkasi Padang Kloter 11 sebanyak 392 orang. 390 jemaah semuanya berasal dari Kota Pariaman, Kota Padang dan Kota Padangpanjang, sedangkan dua orangnya lagi berasal dari jemaah mutasi dari Kabupaten Solok dari kloter 15.

"Sejauh ini, jumlah jemaah haji Debarkasi Padang yang telah berada di tanah air berjumlah 4.290 orang. Terdiri dari 1.789 orang pria dan 2.501 jemaah wanita," terangnya.

Sampai saat ini, lanjut Hendri sesuai dengan informasi yang diterima dari Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, jumlah jemaah haji Embarkasi Padang yang meninggal dunia di Mekkah Arab Saudi sebanyak 6 orang, dua orang dari Kabupaten Bengkulu Tengah, sedangkan dari Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lebong Bengkulu, Kabupaten Seluma Bengkulu, masing - masing meninggal satu orang.

"Semoga jemaah yang meninggal dunia pada saat ibadah haji di Mekkah Al Mukarramah kemarin mendapat tempat yang terbaik disisi NYA yaitu syurga Allah, aamiin," tutupnya. (Tim)

Turut hadir menjemput jemaah, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Ketua DPRD Kota Pariaman Faisal, Kejari Pariaman Efrianto, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arm Heri Pujiyanto, dan Kasat Satpol PP/Damkar Kota Pariaman Handrizal Fitri. (Win/OLP)