Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekelas Nagari, Pauh Kambar Mampu Hadirkan Pawai Obor Spektakuler

11 September 2018 | 11.9.18 WIB Last Updated 2018-09-11T09:28:09Z
Pawai Obor di Nagari Pauh Kambar berlangsung meriah. Foto/Nanda
Padangpariaman - Pawai seribu obor meriahkan malam pergantian tahun baru Islam 1440 Hijriyah di Nagari Pauhkambar, Senin (10/9) malam.
        
Peserta pawai obor merupakan pelajar SD, SMP, SMA yang ada di Nagari Pauhkambar. Selain itu, sejumlah perwakilan ormas seperti Perguruan Tapak Suci Putera Muhamadiyah Remiska Pauhkambar dan Pemuda Pancasila juga ambil bagian pada pawai tersebut. Tidak hanya peserta pawai, warga setempat tanpak antusias dan ikut rombongan peserta pawai.
         
Pawai obor dipusatkan di Simpang Tugu Pasar Pauhkambar. Setelah dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, peserta longmarch sejauh 3 kilometer dan kembali finish di Tugu Pasar Pauhkambar.
          
Walinagari Pauhkambar, Muhammad Nur menyebut, pawai obor dalam rangka penyambutan tahun baru Islam adalah perdana dilakukan. Sebelumnya, hanya diperingati dengan acara tabliq akbar.
          
"Ini berangkat dari keinginan kita agar pergantian tahun baru Islam itu meriah, tidak kalah meriah dari acara pergantian tahun baru Masehi," ujarnya.
           
Rencananya, pawai obor akan dijadikan kegiatan rutin dalam menyambut hari besar Islam setiap tahunnya.
           
Selain pawai obor, sejumlah perlombaan dilaksanakan memeriahkan pergantian tahun baru Islam. Beberapa lomba dilaksanakan antara lain, lomba salat jenazah, lomba tahfidz satu juz dan lomba tilawah Quran.
           
Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, mengapresiasi panitia yang memperingati tahun baru Islam secara meriah.
           
Ia mengimbau pergantian tahun baru Islam harus diiringi dengan semangat hijrah atau perubahan. Baginya, perubahan ke arah yang lebih tidak dilakukan secara cepat, namun bertahap. Perubahan atau hijrah tidak hanya dalam ibadah, namun lebih luas pada seluruh sendi kehidupan.
          
"Kemeriahan acara ini harus diiringi dengan semangat perubahan, hijrah dari yang belum baik menjadi lebih baik," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update