Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Petugas Gabungan Lakukan Ramp Check Bus di Terminal Jati

10 September 2018 | 10.9.18 WIB Last Updated 2018-09-10T16:39:26Z
Salah seorang petugas sedang lakukan cek terhadap ban bus di Terminal Jati. Foto: Phaik
Pariaman - Satlantas Polres Pariaman bersama Dishub Kota Pariaman dan Satpel Terminal Jati tipe A Pariaman, lakukan ramp check Bus AKDP dan AKAP khusus angkutan orang, Senin (10/9), di Terminal Jati.

Kasatlantas Polres Pariaman, AKP Dwi Yulianto mengungkapkan, ramp check bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) dilakukan karena telah banyak terjadinya beberapa kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian para penumpang bus.

Seperti terjadi pada Sabtu (8/9) lalu, kata dia, sebuah bus di Sukabumi, Jawa Barat, jatuh ke jurang sedalam 10 meter dikarenakan kelalaian sang pengemudi.

Ia mewanti para supir bus untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang, karena rata-rata dari beberapa bus yang dilakukan penindakan banyak terdapat kekurangan kelengkapan seperti kondisi ban mobil yang telah menipis, lampu penerangan yang mati, dan rem yang kurang optimal.

Penindakan juga dilakukan berupa sanksi tilang dan meminta pemilik bus melengkapi bagian dari kendaraan yang tak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah habis masa berlakunya untuk segera diurus kembali," katanya.

Sementara itu, Petugas Satpel Terminal Jati Pariaman Marzon Annur, inspeksi terhadap bus tersebut upaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan sebagai bentuk perlindungan jaminan keselamatan bagi para penumpang bus.

Ia menuturkan, rata-rata bus yang tidak lengkap prosedur keselamatan tersebut juga telah habis masa izin trayeknya dan tidak diperpanjang.

Ia mengimbau kepada pemilik bus atau supir untuk segera mengurus kembali izin trayek bus tersebut agar tidak terjadi permasalahan dalam perjalanan. (Phaik/OLP)
×
Berita Terbaru Update