Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pawai Ta'aruf Sambut Tahun Baru Islam di Pariaman Berlangsung Meriah

11 September 2018 | 11.9.18 WIB Last Updated 2018-09-11T10:01:52Z
Para peserta pawai ketika melewati Muaro Pariaman menuju Pantai Gandoriah. Foto: Junaidi
Pariaman - Ribuan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se kota Pariaman, ikuti Pawai Ta'aruf menyambut masuknya tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah, Selasa (11/9).

Ribuan pelajar tersebut berjejer jalan kaki menuju Pantai Gandoriah setelah dilepas oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar di Balaikota Pariaman. Jarak dari Balaikota menuju Gandoriah sekitar 3 km.

1 Muharram adalah tahun barunya umat Islam. Kota Pariaman yang notabene 99% berpenduduk muslim, merayakanya dengan menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakannya.

"Tahun baru Islam kita rayakanya dengan penuh suka cita. Jadi tidak hanya tahun baru Masehi saja yang kita rayakan dengan meriah, tetapi juga tahun baru Islam," ujar Wakil Walikota Pariaman Genius Umar.

Pawai Ta'aruf, kata Genius, rutin setiap tahun digelar oleh Pemerintah Kota Pariaman guna mempererat ukhuwah Islamiyah antara pemerintah dan masyarakat. Pawai Ta'aruf juga menjadi ajang syiar Islam ke tengah-tengah masyarakat.

"Pawai Ta'aaruf juga sebagai ajang ekpresi sukacita kita dalam memeriahkan datangnya tahun baru islam yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan bernuansa Islami," sambungnya.

Genius juga berpesan kepada para peserta pawai agar saling menjaga ketertiban dan berhati-hati selama di perjalanan dan tetap mengutamakan keselamatan.

"Dengan antusiasnya pelajar kita serta masyarakat yang menyaksikan, kita berharap nuansa keislaman semakin kuat. Semoga masyarakat madani yang kita impikan segera terwujud," tutupnya.

Pawai Ta'aruf diikuti oleh 120 sekolah. Mulai tingkat SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta. Peserta menampilkan marching band, gandang tasa, dan pakaian daerah. (Juned/*)
×
Berita Terbaru Update