Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni: Siapa Menguasai Ilmu Pengetahuan Tidak Tergilas Roda Zaman

13 September 2018 | 13.9.18 WIB Last Updated 2018-09-13T11:38:29Z

Padang - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni lakukan kerjasama peningkatan pendidikan warga Padangpariaman dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) melalui penandatangan momerandum of understanding (MoU), Rabu (12/9).

Bupati Ali Mukhni menuturkan bahwa kerjasama yang dijalin dengan PNP merupakan amanah dari visi Padangpariaman dalam mencerdaskan warganya. Berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Padangpariaman untuk meningkatkan mutu pendidikan.

"Saya punya tekad, tak satupun warga Padangpariaman yang tidak bisa melanjutkan pendidikan tinggi," katanya.

Sebelumnya, kerjasama serupa oleh Padangpariaman pernah dilakukan dengan Universitas Negeri Padang dan Universitas Taman Siswa Padang.

Ali Mukhni meyakini bahwa pendidikan adalah solusi pengentasan kemiskinan dan keterbelakangan.

Dengan bekal pendidikan yang memadai, kata Ali Mukhni, membuat manusia bisa bertahan hidup di dunia yang penuh kompetisi seperti saat ini.

"Siapa yang menguasai ilmu pengetahuan, tidak akan tergilas oleh roda zaman," imbuhnya.

Pada penandatanganan MoU Ali Mukhni dengan Direktur PNP Surfa Yondri itu, tampak hadir 28 orang mahasiswa asal Padangpariaman yang diterima melalui jalur kerjasama Pemkab Padangpariaman dengan PNP.

Direktur PNP Surfa Yondri berkata, kesepakatan dengan Pemkab Padangpariaman menjadi pilot project kerjasama serupa dengan pemerintah kota dan kabupaten lainnya di Sumbar.

Sistem pendidikan di PNP, kata dia, fokus kepada sistem vokasi. PNP menjadi perguruan tinggi di Sumbar yang tidak bersaing dengan perguruan tinggi seperti Unand, UNP dan UIN Imam Bonjol.

Pada 2018, imbuh dia, peminat yang ingin masuk PNP berjumlah sebanyak 24.000 orang. Sementara yang diterima hanya 1.300 orang.

"Ini kami lakukan karena kami ingin mempertahankan mutu lulusan PNP. Kami menerapkan one man one tool," sebut dia.

Menurutnya, pendidikan vokasi harus menyediakan sarana prasarana pendidikan untuk satu mahasiswa satu alat bantu pendidikan.

"Sehingga target mutu lulusan PNP dapat dipertanggungjawabkan. Ini juga diikuti dengan aturan, etika dan disiplin kehadiran mahasiswa," lanjutnya.

Terkait dengan rencana pemindahan PNP ke Kawasan Pendidikan Terpadu Tarok City, Surfa menjelaskan bahwa saat ini proses pensertifatan sedang berlangsung.

"Insya Allah, tahun 2019 akan dianggarkan pembuatan master plan," pungkasnya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update