Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meriahnya Atraksi Panjat Batang Pinang di Nagari Gadur

17 Agustus 2018 | 17.8.18 WIB Last Updated 2018-08-17T12:32:20Z
Atraksi panjat batang pinang di Nagari Gadur kegiatan rutin setiap peringatan HUT RI. Foto/Nanda
Pariaman ----- Panjat pinang "bagomok" meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 di hampir semua wilayah Padangpariaman.
         
Hampir seluruh korong di tiap nagari memeriahkan HUT RI dengan panjat batang pinang. Sebelum panjat pinang di sore hari dilakukan, rangkaian pertandingan dan hiburan anak-anak hingga orang dewasa mulai digelar selepas salat Jumat. Selain hari ini, perayaan HUT RI juga dilakukan dalam dua hari ke depan.
         
Di Korong Simpang, Nagari Gadur misalnya, panjat pinang sudah menjadi iven tahunan dalam memeriahkan HUT RI. Satu batang pinang lengkap dengan hadiah, berdiri di samping balai pemuda kampung itu. Menjelang magrib tiba, batang pinang setinggi 12 meter itu, berhasil dicapai puncaknya
        
Pertandingan hiburan juga digelar. Anak-anak hingga orang dewasa mengikuti lomba makan kerupuk hingga balap karung.
        
"Ini sudah rutin setiap tahunnya. Alhamdulilah berlangsung meriah, seluruh warga kami, berkumpul menyaksikan," ujar ketua panitia peringatan HUT RI Korong Simpang, Nofriadi.
        
Selain panjat pinang, peringatan HUT RI, dijadwalkan akan ditutup dengan kesenian dendang KIM yang dilaksanakan pada malam harinya. Dipilihnya kesenian dendang KIM sebagai hiburan penutup HUT RI bukan tanpa alasan. 
        
"Ini salah satu cara pemuda mendukung Perbup Padangpariaman nomor 13 tahun 2016 tentang orgen tunggal. Menghindari kemungkinan dampak negatif pelaksanaan orgen tunggal, pemuda kami coba hiburan lain yakni dendang KIM. Biar anak muda akbrab juga dengan kesenian ini," pungkasnya.
          
Sementara, Aksi gagal sebelum tiba di puncak batang pinang, menjadi perhatian masyarakat yang menyaksikan. Warga yang larut ikut kecewa saat pemanjat nyaris meraih puncak, tiba-tiba harus terperosot.
        
Salah seorang pengunjung, Riefli Fadhly mengaku rutin menyaksikan aktraksi panjat batang pinang. Tidak satu lokasi saja, ia yang menbawa serta keluarga, juga mengunjungi lokasi lain yang juga melaksanakan panjat batang pinang.
         
"Ganti hiburan, lumayan bawa keluarga liburan keliling," katanya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update