Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Optimisme Buat Paslon Terpilih Genius-Mardison di HUT Pariaman ke-16

2 Juli 2018 | 2.7.18 WIB Last Updated 2018-07-02T13:23:51Z
Suasana paripurna HUT Kota Pariamanke-16 di gedung DPRD Kota Pariaman. Foto/Fadli
Pariaman ----- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman menggelar rapat paripurna istimewa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pariaman ke-16 tahun, Senin (2/7). Sejumlah tokoh Pariaman seperti Duski Samad, Asman Yahya dan pasangan walikota/wakil walikota Pariaman terpilih Genius Umar - Mardison Mahyuddin tampak hadir.
           
Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Syafinal Akbar mengajak elemen masyarakat telibat penuh mendukung pembangunan Kota Pariaman. Momentum peringatan hari jadi Kota Tabuik itu, program yang dicetuskan oleh pemerintah perlu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Kota Pariaman.
           
“Perlu dukungan dari seluruh pihak, apa yang telah digagas dan diprogram tidak akan berjalan dengan baik apabila masyarakat tidak mendukung. Karena sasaran pembangunan, adalah masyarakat,” ujarnya.
           
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyebut, sejak berdiri pada 2 Juli 2002, hingga saat ini Kota Pariaman terus mengalami perkembangan. Pembangunan infrastruktur terlihat jelas. Hampir semua wilayah di Kota Pariaman telah terhubung dengan jalan aspal. Akses jalan aspal dibangun sampai ke dusun. Di sisi lain, pembangunan sektor pariwisata terus mengalami perkembangan.

“Pembangunan infrastruktur yang disertai dengan promosi melalui iven wisata sepanjang tahun telah kita lakukan. Dapat dilihat sendiri, bagaimana wajah pariwisata Kota Pariaman saat ini. Untuk melihat perkembangannya, kita bisa membandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, pembangunan tidak sebatas pembangunan infrastruktur atau fisik. Di sisi lain, pemerintah Kota Pariaman juga menggiatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kebijakan pemerintah yang menjamin wajib belajar dengan memberikan pendidikan gratis untuk pelajar Kota Pariaman di tingkat SD dan SMP.

Disisi lain, pihaknya juga mengoptimalkan pendekataan keagamaan mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan. Program magrib mengaji, subuh mubaraqah dilakukan. Program dengan pendekatan ini, ia yakini mampu membentengi masyarakat Pariaman dari perilaku yang merusak, seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Kita terapkan kebijakan pendidikan gratis. Kita bantu siswa dengan bus sekolah gratis, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak bersekolah,” ulasnya.

Dikatakannya, seiring memasuki purna jabatan, ia berharap pasangan walikota dan wakil walikota Pariaman terpilih Genius Umar dan Mardison Mahyuddin dapat melanjutkan pembangunan Kota Pariaman sesuai dengan RPJM yang telah dicetuskan yakni menjadikan Pariaman sebagai kota pusat perdagangan dan jasa.

“Jika pemancangan tiang pembangunan masjid terapung ini dilaksanakan di sisi masa waktu pemerintahan saya, nanti diharapkan peresmiannya dilakukan oleh pasangan walikota dan wakil walikota terpilih,” pungkasnya.

Beragam harapan masyarakat dalam peringatan hari jadi kota Pariaman. Mulai dari peningkatan perkembangan sektor pariwisata, hingga pemerataan pembangunan Kota Pariaman yang menyeluruh.

Hendri, 35 tahun, warga Pariaman Tengah berharap Pariaman ke depannya jauh lebih baik dari saat ini dari sisi pendidikan. Ia menyoroti Pariaman tidak lagi bisa menggratiskan sekolah lanjutan tingkat atas karena diambil alih oleh pemerintah provinsi.

"Tidak lagi bisa karena diambil alih. Tapi kita optimis walikota dan wakil walikota terpilih Genius Umar - Mardison Mahyuddin segera akan menepati janji kampanyenya menggratiskan pendidikan 12 tahun hingga tingkat SLTA," ujarnya.

Harapan dan optimisme pada paslon walikota/wakil walikota terpilih juga disampaikan oleh Muhammad Zulfikar, 26 tahun. Ia berharap pembangunan yang merata akan terwujud di Pariaman.

“Kita ingin kota Pariaman tidak hanya bertumpu pada wilayah pesisir saja. Namun wilayah timur Kota Pariaman juga dikembangkan, sehingga ekonominya merata,” ujar Muhammad Zulfikar. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update