Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa Kedokteran Unand Cek Kesehatan Gratis Lansia Kampung Baru

26 Juli 2018 | 26.7.18 WIB Last Updated 2018-07-26T10:20:54Z
Mahasiswa KKN Fakultas Kedokteran Unand sedang memeriksa kesehatan pasien. Foto/Eri
Pariaman  ------ Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas (Unand) Padang periksa kesehatan gratis lansia di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah. Pemeriksaan kesehatan gratis selama dua hari (22-24 Juli) tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Unand.

Pemeriksaan kesehatan hari pertama bertempat di Kantor Kepala Desa Kampung Baru. 35 orang lansia yang diperiksa tersebut meliputi cek gula darah, kolestrol, dan tensi.

Sedangkan pada hari kedua pemeriksaan untuk para pra lansia dan lansia sebanyak 31 orang. Sebelum pemeriksaan kesehatan, mahasiswa KKN tersebut menggelar senam kesehatan lansia dan senam diabetes di Lapangan Volly Perumnas Desa Kampung Baru.
Untuk pemeriksaan selanjutnya mereka disarankan untuk datang ke puskesmas, klinik atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan tindakan kesehatan lebih lanjut.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa tersebut sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Mereka juga datang ke sekolah-sekolah yang ada di Desa Kampung Baru dari tingkat SD, SLTP sampai SLTA serta berbaur dengan masyarakat setempat.

Kegiatan itu di antaranya melakukan penyuluhan dan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang penanggulangan dan simulasi bencana gempa, bagaimana caranya bisa menulis kreatif puisi dan juga memberikan penyuluhan kesehatan serta gotong royong bersama masyarakat.

Kepala Desa Kampung Baru Mahyuddin Akang mengatakan bahwa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN di desa yang dipimpinnya sekarang.

“Dengan kedatangan mahasiswa tersebut hendaknya ada manfaat yang didapat oleh mahasiswa dan masyarakat, terutama bagi mahasiswa dapat mempraktekan ilmu akademik yang mereka pelajari di kampus,” ungkapnya, Kamis (26/7).

Ia berharap dengan kehadiran mahasiswa tersebut, dapat membantu masyarakat setempat dalam meningkatkan kesejahteraan dan menambah ilmu pengetahuan mereka dalam bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, peternakan, hukum dan lainnya.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran bernama Regi menyampaikan ucapan terimakasih kepada perangkat desa beserta masyarakat yang telah mau menerima mereka sebagai mahasiswa yang sedang menjalankan tugas kuliah.

“Sebagai anak muda kami mempunyai banyak kekurangan terutama pengalaman terjun ke masyarakat, sehingga kami berharap masyarakat mau membantu kami dalam menjalani masa KKN ini hingga selesai. Semoga juga bisa terjalin silaturrahmi yang baik dan menambah rasa persaudaraan dengan masyarakat yang ada di Desa Kampung Baru ini,” kata dia.

Mahasiswa KKN Unand di Desa Kampung Baru sebanyak 26 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 17 orang perempuan dari total 176 orang mahasiswa KKN yang ada di Kota Pariaman.

176 orang tersebut menyebar di empat kecamatan dan tujuh desa. Di Kecamatan Pariaman Utara berlokasi di Desa Cubadak Air Utara, Desa Tungkal Selatan. Kecamatan Pariaman Selatan di Desa Punguang Ladiang, Desa Batang Tajongkek dan Desa Sikabu.

Untuk Kecamatan Pariaman Timur di Desa Kampung Tangah serta Kecamatan Pariaman Tengah di Desa Kampung Baru. Masa KKN berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 8 Agustus 2018. (Eri/OLP)
×
Berita Terbaru Update