Genius Usulkan Penambahan Varietas Ikan dalam Ranperda

Genius serahkan Ranperda kepada Wakil Ketua DPRD Fitri Nora dan Syafinal Akbar. Foto/Eri
Pariaman ----- Wakil Walikota Pariaman Genius Umar sampaikan nota penjelasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2012 tentang Retribusi Penjualan Produksi Hasil Usaha Daerah. Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Fitri Nora tersebut digelar di Aula DPRD Kota Pariaman, Mangguang, Senin (30/7).

Genius Umar mengatakan bahwa penggalian potensi daerah guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menunjang penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dengan meningkatnya PAD, sebut Genius, proses jalannya pemerintahan akan berlangsung sesuai dengan harapan masyarakat.

Ranperda tersebut mengusulkan perubahan halaman lampiran pada huruf A. Genius mengusulkan penambahan jenis komoditi usaha daerah yang ada di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan. 

Jenis komoditi usaha daerah yang pada Perda sebelumnya, hanya meliputi jenis lele Dumbo dan Sangkuriang saja.

"Pada ranperda sekarang diusulkan penambahan jenis varian lele Mutiara dan jenis induk ikan lele lainnya sebagai sumber PAD," imbuhnya.

Genius menyampaikan seiring berkembangnya jenis/variatas ikan yang ada di UPTD BBI Dinas Perikanan, dapat dijadikan komoditi produksi usaha perikanan.

"Selain pemuliaan ikan lele, UPTD BBI juga sedang mengembangkan jenis ikan hias. Saat ini pecinta ikan hias makin meningkat dan pangsa pasarnya cukup bagus," tambahnya.

Ia menjelaskan dengan pengajuan perubahan terhadap ranperda itu, akan menambah beberapa jenis ikan yang belum tertampung pada Perda sebelumnya.

"Dengan bertambahnya jenis atau varietas ikan yang baru, diharapkan nantinya bisa meningkatkan investasi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah yang tentunya juga akan berdampak pada peningkatan PAD," (Eri/OLP)