Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tangkal Radikalisme, Terorisme dan Hoaks di Kota dan Kabupaten, Polisi Bentuk "Tiga Pilar"

4 Juni 2018 | 4.6.18 WIB Last Updated 2018-06-04T06:35:15Z
Walikota Mulkhlis Rahman dan Wabup Padangpariaman Suhatri Bur tandatangani maklumat Tiga Pilar. Foto/Fadli
Pariaman ----- Polres Pariaman gelar Apel Kebangsaan Tiga Pilar di halaman balaikota Pariaman, Senin (4/6).

Tiga pilar terdiri dari Bhabinkamtibmas Polri, Babinsa, TNI, Walinagari/Kepala Desa/Lurah (Pemda) guna menangkal faham radikalisme, terorisme di wilayahnya masing-masing.

Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan mengatakan pada 2018 - 2019 merupakan tahun perhelatan pesta demokrasi. TNI dan Polri serta jajaran pemerintah daerah harus mengawal pengamanan Pilkada termasuk mendeteksi tingkat kerawanan sejak dini.

"Bukan hanya itu, Tiga Pilar harus mempu mencegah menyebarnya faham radikalisme di tengah masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, perkembangan situasi global yang ditandai dengan meningkatnya spektrum ancaman terhadap Kamtibmas berupa teror bom di sejumlah tempat peribadatan, pusat keramaian, perkantoran dan penyerangan bersenjata terhadap aparat oleh sekelompok OTK, telah banyak menimbulkan korban jiwa dan harta benda.

"Hal ini juga perlu kita waspadai bersama," sambungnya.

Oleh sebab itu, kata dia, dengan tujuan untuk menyatukan visi dan misi dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman, Tiga Pilar merupakan ujung tombak dan representasi negara di tengah-tengah masyarakat sebagai basis deteksi dini terhadap seluruh dinamika kehidupan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

Di saat yang sama, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyatakan pembentukan Tiga Pilar sangat penting sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah mewujudman sinergitas mencegah terorisme, narkoba dan gangguan keamanan menjelang Pilkada serentak.

Ia mengatakan masalah keamanan lingkungan dan daerah bukan hanya tugas aparat keamanan namun juga tugas seluruh masyarakat.

"Tiga pilar ini harus bekerja profesional untuk mencegah dan mendeteksi dini gangguan baik dari dalam maupun dari luar," ujarnya.

Pernyataan sikap yang disampaikan dalam apel tersebut adalah siap mengamankan dan mensukseskan pilkada serentak 2018 secara aman dan damai, mensosialisasikan kepada masyarakat menolak paham radikalisme dan aksi terorisme, dan menolak segala bentuk berita bohong atau hoaks yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berlatar belakang suku,  agama,  ras dan antar golongan.

Kemudian berperan aktif untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mendukung aparat pemerintahan dan keamanan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Apel Tiga Pilar dipimpin oleh Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan dengan Komandan Apel Ipda Rinto Alwi dengan peserta upacara anggota Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, ASN Pemko Pariaman, walinagari dan kepala desa/lurah, dubalang desa se kota dan kabupaten.

Hadir Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, Ketua MUI Kota Pariaman Syofian Jamal, Kakenmenag Kota Pariaman Muhammad Nur dan Kakenmenag Padangpariaman Helmi. (Phaik/OLP)
×
Berita Terbaru Update