Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MARI, DP dan Parpol Pendukung Ucapkan Selamat Atas "Kemenangan" GEMA

28 Juni 2018 | 28.6.18 WIB Last Updated 2018-06-29T02:03:20Z
Genius-Mardison sampaikan pidato kemenangan usai penghitungan real count formulir C1 KWK Pilkada Pariaman. Foto/Nanda
Pariaman ----- Calon dan tim pemenangan rival Genius Umar-Mardison Mahyuddin di Pilkada Pariaman 2018, sampaikan ucapan selamat kepada Genius Umar dan Mardison Mahyuddin yang meraih perolehan suara terbanyak dalam perhitungan real count pada Rabu sore sesaat usai penghitungan suara di 155 TPS yang tersebar di 71 desa dan kelurahan yang ada di Pariaman.

Berdasarkan penghitungan formulir C1 KWK, pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin unggul terhadap dua pasangan calon walikota dan wakil walikota Pariaman lainnya, Mahyuddin-Muhammad Ridwan dan Dewi Fitri Deswati dan Pabrisal.

Genius-Mardison unggul dengan meraih 24.021 suara atau 54,67 persen. Suara terbanyak kedua ditempati pasangan Mahyuddin dan Muhammad Ridwan dengan 18.211 suara atau 41,45 persen. Sementara pasangan Dewi Fitri Deswati memperoleh 1.703 suara atau 3,88 persen.
     
Calon Walikota Pariaman, Dewi Fitri Deswati melalui akun facebook miliknya, resmi menyampaikan ucapan selamat kepada Genius Umar dan Mardison, terpilih sebagai walikota dan wakil walikota Pariaman hasil perhitungan cepat. Dewi menuliskan ucapan selamat kepada Genius Umar dan Mardison Mahyuddin melalui akun  facebook miliknya pada Rabu (27/6) pukul 22.24 WIB. 
      
“Selamat Genius Umar dan Mardiosn Mahyuddin sebagai walikota dan wakil walikota Pariaman terpilih periode 2018-2023. Semoga menjadi pejabat yang amanah, melindungi rakyatnya dan buat Pariaman yang selalu dihati masyarakatnya,” tulis Dewi.
     
Dalam unggahannya itu, Dewi juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pendukungnya yang telah memberikan dukungan dan ikut berjuang selama Pilwako Pariaman dihelat.
     
Ucapan selamat juga disampaikan anggota DPR RI asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Refrizal. Melalui Akun facebook Refrizal Sikumbang, politisi asal Kampung Dalam, Kabupaten Padangpariaman itu, menuliskan selamat menjadi walikota Pariaman untuk Genius-Mardison (GEMA). Dalam unggahan pada pukul 17.27 sore itu, Refrizal juga memotivasi agar Mahyuddin-Muhammad Ridwan (MARI) dan pendukung agar tetap semangat. Pada akhir unggahannya, Refrizal membubuhkan tuliskan #2019gantipresiden.
     
Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pariaman, Mimi Elfita Cilalek Manih juga menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin. Melalui sambungan telpon pribadi, ia menyebut hasil perhitungan cepat terlihat jika Genius-Mardison menjadi peraih suara tertinggi.
     
“Hasilnya sudah kelihatan. Kami telah menyampaikan ucapan selamat kepada keduanya sesaat setelah hasil perhitungan cepat dirilis,” kata Mimi, Kamis (28/6).
     
Mimi juga mengungkapkan apresiasi kerja keras seluruh parpol, tim pemenangan dan relawan pasagan Mahyuddin-Muhammad Ridwan yang mendukung penuh upaya memenangkan pasangan yang disingkat MARI itu.
    
“Mencermati dari hasil dan jalannya Pilkada kemaren, dari sisi hasil perolehan suara, selisihnya cukup signifikan. Sesuai aturan berat jika mengarah pada sangketa. Namun apapun itu, kita tentu harus menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU Kota Pariaman,” ulasnya.

Selanjutnya ucapan selamat juga diunggah dalam format video oleh Mahyuddin dan Ridwan beserta tim suksesanya. Dalam video berdurasi beberapa detik tersebut, Mahyuddin dan Ridwan mengucapkan selamat atas terpilihnya Genius Mardison sebagai walikota dan wakil walikota Pariaman terpilih. Di akhir ucapan, masih dalam unggahan tersebut, mereka serentak berucap "maju kotanya sejahtera warganya" sebagaimana tagline pasangan yang disingkat MARI itu.
     
Sementara itu, Calon Wakil Walikota Pariaman nomor urut 3, Mardison Mahyuddin mengucapkan terimakasih kepada pasangan calon, tim dan pendukung yang memberikan ucapan selamat atas hasil perhitungan cepat suara pilkada Kota Pariaman.
     
Dikatakannya, ia telah melakukan komunikasi dengan beberapa calon walikota dan wakil walikota Pariaman sesaat usai hasil perhitungan cepat diumumkan.

"Komunikasi sangat cair. Saya dan pak Genius sudah komunikasi dengan calon lain. Begitu juga dengan parpol pengusung, tiga kelompok parpol sudah ada komunikasi," kata dia.
     
Ia mengharapkan usai penghitungan suara, seluruh masyarakat kembali bersatu dan perbedaan pilihan politik, tidak lagi menjadi perdebatan. "Biduak lalu kiambang batauik", begitu Mardison memberikan perumpamaan.
     
Ia menegaskan, akan tetap melanjutkan program yang telah dilakukan pemerintahan Walikota Mukhlis Rahman saat ini. Genius Umar dan Mardison Mahyuddin, juga sangat terbuka menerima masukan dan input dari pasangan calon lain, masyarakat kota Pariaman.
     
Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Satria menilai pemberian ucapan selamat dari pihak yang  berkompetisi pada pemilihan walikota dan wakil walikota Pariaman, menandakan filosofi budaya “batabuik” terjadi pada pesta politik lima tahunan di Pariaman.

Ketegangan, perang opini dan program di lapangan dan media sosial, akhirnya usai. Situasi yang kondusif paska pemungutan dan penghitungan suara, mempertegas, status rawan tingkat tiga Pilkada se nasional di Kota Pariaman tidak terjadi.
      
“Secara umum penyelenggaraan berjalan dengan aman dan lancar. Hampir tidak ada kendala yang kami alami, begitupun dengan pendukung. Mereka mampu menjaga suasana yang kondusif," ucapnya.

Boedi ikut mengapresiasi kedewasaan berpolitik warga Pariaman. Para paslon bersikap ksatria dengan memberi pernyataan yang menyejukkan.

"Pernyataan yang disampaikan menyejukkan sehingga menghilangkan segala ketegangan antar tiga kubu pendukung selama pilkada," pungkasnya. (Nanda/OLP)
×
Berita Terbaru Update