3 Desa di Pariaman Raih BPD Terbaik se Indonesia

Piagam BPD terbaik Indonesia dari Kementerian Dalam Negeri. Foto/Nanda
Pariaman ----- Badan Permusyawatan Desa (BPD) Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, raih piagam penghargaan sebagai BPD terbaik tingkat kabupaten dan kota se Indonesia.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan pada acara Rakornis Badan Pemberdayaan Desa, Badan Musyawarah dan Kepala Desa se Indonesia di Jakarta, Senin (14/5) silam, dan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Ketua BPD Tungkal Selatan, Priyaldi mengatakan, terpilihnya tiga BPD di Kota Pariaman, tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak. Penyelenggaraan pemerintahan yang harmonis dan partisipatif menjadi salah satu kunci kesuksesan tersebut.

Menurutnya, sebagai penyelenggara pemerintah desa, BPD Tungkal Selatan dan dua BPD lain, selalu pro aktif sesuai tugas pokok dan fungsinya. Dalam pelaksanaan fungsi Budgeting (penganggaran) BPD Tungkal Selatan bersama Pemerintah Desa, selalu memperhatikan skala perioritas dan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang dihimpun melalui rembug dusun, dan musrenbang.

"Pelaksanaan fungsi legislasi (penyusunan perdes) BPD Tungkal Selatan selalu menjadi inspiratif bagi desa lain. Telah banyak perdes inisiatif yang dilahirkan BPD bersama pemerintah desa," kata Priyaldi di Pariaman, Sabtu (19/5).

Perdes inisiatif yang telah dilahirkan BPD Tungkal Selatan, ungkap dia, yakni Perdes Lembaga Kemasyarakatan, Perdes BP4 Desa, Perdes Magrib Mengaji, Perdes Keamanan dan Ketertiban, Perdes kewenangan Desa dan Perdes Pengelolaan Air bersih.

"Dalam perumusan dan pembahasan perdes tersebut BPD Tungkal Selatan selalu melibatkan semua unsur yang ada di desa seperti niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai bundokanduang dan pemuda," tuturnya.

Dikatakannya, fungsi pengawasan BPD Tungkal Selatan terhadap pemerintah desa oleh kepala desa, berjalan mulus dan sinergis. Pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan dan pengelolaan keuangan desa, diawasi agar uang rakyat yang dikelola pemdes digunakan efektif, efesien dan tepat sasaran.

"Pembahasan APBDes dilakukan secara bertahap transparan dan sesuai dengan aturan yang ada," pungkasnya.

Selain BPD Desa Tungkal Selatan, dua BPD di Kota Pariaman juga mendapatkan penghargaan. Dua BPD tersebut, yakni BPD Desa Padusunan, Desa Rawang. (Nanda)