Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kodim Pariaman Kirim 5 Atlet Yongmodo Ikuti Seleksi Korem Wirabraja

13 Maret 2018 | 13.3.18 WIB Last Updated 2018-03-13T13:00:17Z
Atlet Yongmodo Kodim 0308/Pariaman lakukan latihan intensif di Makodim Pariaman. Foto/Nanda
Pariaman ----- Kodim 0308/Pariaman kirim 5 orang atlet seleksi kejuaran cabang bela diri Yongmodo tingkat Korem 032/Wirabraja yang diselenggarakan pada pekan ke-3 Maret 2018 ini.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Arh Hermawansyah didampingi Pasi Ops Kodim 0308/Pariaman Kapten Arm Azral mengatakan, kejuaraan yang dipusatkan di Makorem 032/Wirabraja tersebut merupakan rangkaian seleksi kejuaraan bela diri Yongmodo memperebutkan piala Kepala Staf Angkatan Darat tahun 2018.

"Kejuaraannya sekaligus seleksi bertingkat. Bagi atlet yang juara pada tingkat Korem, akan diikutkan pada kejuaraan atau seleksi di tingkat Kodam. Dan juara di tingkat Kodam akan mengikuti kejuaraan piala KASAD 2018," jelasnya, di Pariaman, Selasa (13/3).

Hermawansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan jelang seleksi Yongmodo 2018 ini. Persiapan yang dimulai sejak awal 2018 silam meliputi seleksi atlet hingga latihan intensif yang dipusatkan di Makodim 0308/Pariaman.

"Sekarang ini 5 orang atlet atau personil yang lulus seleksi di sini, kita fokuskan untuk latihan, baik fisik ataupun mental bertandingnya," ulas dia.

Menurutnya, butuh latihan dan semangat tinggi untuk memperoleh hasil yang baik dalam kejuaraan itu. Pasalnya, atlet yang seluruhnya personil TNI diikuti oleh atlet dan personil dari Batalyon memilki latihan rutin dan terjadwal.

"Berat persaingan, namun atlet kita targetkan menang dan minimal bisa mewakili Korem," ujarnya.

Ia mengatakan, cabang olahraga Yongmodo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan. Dan mulai 2012, Yongmodo menyemarakan keragaman seni beladiri di Indonesia. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportifitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong itu, lanjut Hermawan, telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008.

Di 2020 ini, Yongmodo akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional.

"Cabang beladiri ini menggabungkan beberapa gerakan beladiri lainnya, ada taekwondo, juijitsu dan beberapa gerakan bela diri lain. Saat ini baru populer di kalangan TNI, karena menjadi beladiri wajib. Namun ke depan kita akan sosialisasikan secara luas kepada masyarakat," sebutnya.

Untuk memperkenalkan Yongmodo, lanjut dia, Kodim 0308/Pariaman telah memulai membuka latihan di Kodim 0308/Pariaman.

"PON depan bakal jadi salah satu cabang beladiri itu. Namun untuk Porprov, masih belum," pungkasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update