Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siswa SMA 2 Pariaman Wakili Sumbar Ikuti Forum Pelajar ASEAN di Malaysia

2 Februari 2018 | 2.2.18 WIB Last Updated 2018-02-02T12:30:32Z
Genius Umar foto bersama Tedy Pratama Putra dan jajaran SMA N 2 Pariaman
Pariaman --- Tedy Pratama Putra, pelajar kelas X IPA 1, SMA Negeri 2 Pariaman, ikuti Forum Pelajar ASEAN yang akan dilaksanakan selama 5 hari di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ia satu-satunya pelajar asal Sumbar di antara 20 pelajar Indonesia lainnya. Forum yang diadakan oleh Studec Internasional itu diselenggarakan dari tanggal 4 hingga 8 Februari mendatang.

Putra sulung dari 3 bersaudara pasangan Harianto dan Asniati itu, memang dikenal sebagai pemuda yang pintar, tekun dan rajin belajar.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan sudah selayaknya, para pelajar berpikir global, jangan hanya di lingkup lokal dan regional saja.

Dengan mengikuti forum-forum internasional, kata dia, para pelajar akan membina relasi jangka panjang.

"Ketika dewasa hubungan itu akan terus berlanjut menjadi relasi," ujarnya saat menerima Tedy Pratama Putra beserta Wakil Kesiswaan SMA Negeri 2 Pariaman Elkhiyani, guru sekolah Fitra Jaya, Citra Maya serta Abdi Rahman Wakil II Cik Ajo Pariaman, Jumat (2/2).

Dosen di berbagai kampus terkemuka Indonesia dan Malaysia ini, kembali mengingatkan era pasar bebas ASEAN sejak 2017. Pasar bebas, sambung Genius, memerlukan sumber daya manusia berdaya saing global, berkarakter, bekerja keras untuk menang dalam persaingan tersebut.

Ia berkeinginan ke depannya para pemuda Pariaman lebih banyak diikutkan dalam kegiatan antar negara. Untuk menciptakan SDM pemuda Pariaman yang berdaya saing, hal tersebut mutlak dilakukan mengingat Pariaman juga sebagai daerah wisata yang membutuhkan SDM berwawasan global.

"Keadaan keluarga tidak boleh menghalangi niat untuk terus mengejar prestasi dan pendidikan ke arah yang lebih baik lagi. Selama di sana, berinteraksi yang baik dengan pemuda-pemuda dari negara lainnya sehingga akan menambah wawasan pergaulan," ucap Genius memotivasi Tedy.

Tedy Pratama Putra mengatakan motivasinya mengikuti Forum Pemuda ASEAN adalah untuk membanggakan kedua orangtua sekaligus nama Kota Pariaman.

"Bangga menjadi satu-satunya wakil dari Sumatera Barat, semoga mampu membawa harum nama Pariaman," ujarnya.

Ia berharap pemerintah memperhatikan siswa berprestasi yang kekurangan untuk dapat mengikuti ajang-ajang di level nasional dan internasional.

"Karena dengan aturan yang ada saat ini, membatasi pemerintah daerah untuk memberikan bantuan kepada pelajar yang berprestasi tersebut," tutupnya.

Genius Umar yang juga alumni SMA Negeri 2 Pariaman itu, turut memberikan bantuan, mulai dari pengurusan passport hingga uang saku untuk keberangkatan Tedy ke Kuala Lumpur. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update