Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekda Indra Sakti Serahkan Akreditasi 7 Sekolah

5 Februari 2018 | 5.2.18 WIB Last Updated 2018-02-05T10:44:34Z
Sekda Indra Sakti foto bersama usai penyerahan sertifikat akreditasi sekolah. FOTO/Phaik
Pariaman --- Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti serahkan akreditasi SD, SMP dan SMA/sederajat se Kota Pariaman yang telah habis masa berlakunya penghujung 2017. Penyerahan sertifikat akreditasi usai upacara Senin pagi (5/2).

"Akreditasi merupakan suatu sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Akreditasi merupakan agenda tahunan oleh tim dari Asesor Pengawas, Pengawas Sekolah, dan Perguruan Tinggi," ungkap Indra Sakti.

Ketua Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Aljufri  mengatakan, akreditasi sekolah dilaksanakan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan formal maupun non formal. Selain itu, proses akreditasi sekolah oleh tim asesor melalui koordinator UPA.

Tim asesor merupakan tim penilai yang difasilitasi BAP Provinsi. Tim asesor tersebut, sambungnya, sesuai dengan diklat yang telah diikutinya.Tim asesor SMA berati melakukan penilaian di SMA, dan begitu juga dengan tim asesor SMK, SMP dan SD.

Ia menambahkan, selain tim asesor untuk penilaian akreditasi juga ada pengawas sekolah, perguruan tinggi seperti UNP dan UNAND serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Aljufri menjelaskan dalam proses akreditasi sekolah, ada beberapa dukumen atau administrasi yang harus disiapkan. Dokumen tersebut meliputi delapan standar pendidikan nasional yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

Dari 8 standar tersebut terdapat poin-poin yang nantinya dijadikan penilaian terhadap sejauhmana kesiapan sekolah dalam melaksanakan akreditasi untuk peningkatan mutu sekolah dan mutu pendidikan.

"Akreditasi dilaksanakan tiap 5 tahun sekali. Pada 2017 ada tujuh sekolah yang mendapat sertifikat akreditasi terdiri dari 6 SD dan 1 SMK yaitu SMK Negeri 2 Pariaman jurusan tata boga," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Asesor Dasril mengatakan, di 2018 sekolah yang akan diakreditasi kembali yakni tujuh SD, tiga SMP terdiri dari SMP 7, SMP 8, serta SMP 9. Lima SMK terdiri dari SMK 2, SMK 3, SMK 4, SMK BNM Plus. Sedangkan yang baru akan diakreditasi pada tahun 2018 adalah SDIT Ibnu Abas dan SMK Global.

"Penilaian akreditasi untuk 2018 bulan Juni nanti. Mekanisme penilaian akreditasi sekolah yaitu Dispora atau UPA, terlebih dahulu mendata sekolah-sekolah yang akreditasinya akan habis. Lalu direkap dan dilaporakan ke Badan Akreditasi Provinsi (BAP) dengan sumber pembiayaan akreditasi dari APBN dan APBD Provinsi," tutupnya. (Phaik/OLP)
×
Berita Terbaru Update