Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Disiplin ASN, Kominfo Padangpariaman Siapkan Inovasi Teknologi

24 Januari 2018 | 24.1.18 WIB Last Updated 2018-01-24T10:01:34Z
Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman Zahirman paparkan sejumlah inovasi TI yang akan diterapkan di Padangpariaman di hadapan ASN. FOTO/Andri
Parit Malintang ---- Masuki 2018 mulai dicanangkan sebagai tahun peningkatan displin dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.

Peningkatan disiplin dan kinerja ini akan dikawal secara ketat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padangpariaman melalui pemanfaatan aplikasi dan teknologi informasi berbasis jaringan internet.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfo Zahirman pada kesempatan memimpin apel pagi ASN di lingkungan komplek kantor Bupati Padangpariaman di Parit Malintang, Rabu (24/1).

Pengawalan ketat dari Diskominfo, kata Zahirman, dibutuhkan dalam mengawal pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2017 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

Upaya yang dilakukan Diskominfo adalah memantau kinerja dan disiplin ASN melalui penerapan face print sebagai pengganti finger print, pembuatan aplikasi e-Lapor serta penerapan aplikasi lainnya yang mendukung peningkatan disiplin dan kinerja ASN.

Zahirman mengatakan bahwa penerapan face print dan aplikasi lainnya belum sepenuhnya berjalan namun kehadiran ASN semakin hari semakin membaik. Mantan Kabag Humas itu mengapresiasi ASN yang telah dengan sadar memperbaiki disiplin dan kinerjanya.

"Sama-sama kita lihat kehadiran PNS semakin hari semakin meningkat. Diharapkan ini terus ditingkatkan. Kepada yang sudah mematuhi jam kerja mohon dipertahankan. Kepada yang belum tolong diingatkan," kata mantan Staf Ahli Bupati itu.

Rencana pemantauan kinerja ASN lewat face print, menurutnya efektif dilaksanakan awal bulan Februari, karena pihaknya bersama BKPSDM masih melakukan input data ASN dengan melakukan sidik jari dan foto wajah.

Zahirman menjelaskan bahwa Diskominfo terus berupaya dalam memberikan kenyamanan pelayanan baik pada ASN sendiri maupun pada masyarakat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan upaya melakukan berbagai inovasi seperti pemasangan jaringan internet sampai tingkat kecamatan, bahkan direncanakan tahun 2018 akan diteruskan sampai tingkat nagari.

"Pada tahun 2017, kita telah selesai lakukan pemasangan jaringan fiber optik sampai tingkat kecamatan, sekarang sama-sama kita rasakan manfaatnya terutama dalam hal pembayaran gaji secara online. Tahun ini juga akan mulai digunakan aplikasi e-Planning, e-Budgeting dan e-Perizinan," kata mantan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan itu.

Semua kemudahan-kemudahan tersebut, katanya, diperuntukan untuk bekerja. Dengan telah adanya jaringan, OPD diharapkan mempunyai inovasi dalam melakukan pelayanan pada masyarakat,

Untuk meningkatkan kinerja, saat ini Diskominfo juga tengah menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung.

"Insya Allah, awal tahun ini akan kita lakukan MoU dengan Pemko Bandung. Banyak aplikasi yang dapat kita duplikasi sesuai dengan kebutuhan kita di Padangpariaman," paparnya. (ASM)
×
Berita Terbaru Update