MAN 1 Padusunan Gelar Pekan Maulid Nabi Ke-14

Asisten II Lanefi sedang mancabiak siriah pada acara pembukaan Pekan Maulid Nabi di MAN 1 Padusunan Pariaman. Foto/Eri Elfadri
Pariaman ---- Pariaman MAN I Pariaman gelar Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H yang ke-14 antar SLTP se-Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman.

Acara dipusatkan di  Aula MAN 1 di Desa Kampung Gadang, Padusunan, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman yang diwakilkan kepada Asisten III, Lanefi, Kamis (25/1).

Lanefi, dalam kesempatan tersebut memberikan ucapan terimakasih kepada MAN 1 Kota Pariaman, terutama kepada kepala sekolah dan OSIS yang telah menggelar acara itu untuk yang ke-14 kalinya.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pariaman sedang gencar-gencarnya menjalankan program untuk meramaikan masjid seperti program magrib mengaji dan masih puber (manunggal subuh indah penuh berkah).

Magrib mengaji sebagaimana biasanya mulai hari Senin hingga Kamis, ASN dan masyarakatnya diwajibkan untuk ke masjid untuk salat magrib berjamaah dan dilanjutkan dengan mengaji hingga selesai shalat Isya.

Kegiatan itu sudah dilaksanakan sejak 3 tahun belakangan. Sedangkan masih puber dilaksanakan setiap Jumat Subuh pada masjid yang ditentukan.

“Dengan adanya kegiatan perlombaan keagamaan ini diharapkan para murid MDA/TPA  dan wali murid dapat berpatisipasi meningkatkan pengetahuan keagamaan mereka untuk menjauhkan mereka dari perilaku negatif yang marak terjadi dengan seiringnya perkembangan arus globalisasi,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur, mengatakan acara itu tidak hanya sebagai seremonial saja tetapi memiliki substansi untuk membangkitkan kembali semangat cinta kasih kepada Rasulullah SAW sebagai tauladan umat Islam serta semakin menghayati tuntunan Islam yang sebenarnya.

“Kita menginginkan acara pekan Maulid Nabi Muhammad SAW ini tidak hanya sebagai seremonial belaka, akan tetapi bisa mencontoh akhlak Rasulullah SAW dalam hidup dan kehidupan para siswa dan santri kita. Dengan demikian anak madrasah kian berakhlak seperti akhlaknya Rasulullah, diantaranya shidiq, tabliq, amanah, pengasih dan penyanyang, inilah yang harus kita tiru sebagai generasi muda Islam, baik yang berasal dari sekolah maupun madrasah,” ujarnya.

Kepala Sekolah MAN 1 Kota Pariaman, Zalkhari mengatakan, Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan agenda tahunan secara rutin dengan peserta MTS/SLTP se-Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman. Acara tersebut, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan wawasan keagamaan dan kecintaan terhadap madrasah serta suatu wadah untuk menghimpun dan mengenal Man 1 Pariaman.

Sementara dalam kegiatan 'Pekan Maulid Nabi' ada pula sejumlah perlombaan yang diselenggarakan, seperti lomba bintang kasidah, kaligrafi, hifzil Qur’an, puisi dakwah, lomba cerdas tangkap (LCT), dan Musabaqah Syarhil Quran (MSQ). (Eri)