KPU Pastikan Kesiapan Masuki Tahapan Pencalon Pilwako Pariaman

KPU Kota Pariaman gelar rapat koordinasi persiapan tahapan pencalonan Pilkada Kota Pariaman.FOTO/Ikhlas
Santok ---- KPU Kota Pariaman dan pihak terkait pastikan kesiapan melaksanakan tahapan pencalonan walikota dan wakil walikota Pariaman 2018.

"Seluruh pihak yang terlibat dalam tahapan, termasuk pengamanan, sudah siap melaksanakan tahapan pencolonan ini," jelas ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria dalam rapat koordinasi persiapan tahapan pencalonan Pilkada Kota Pariaman, Kamis (4/1) di kantor KPU Kota Pariaman.

Selain melibatkan unsur Polri, TNI, Pemko Pariaman dan partai politik, rakor tersebut juga menghadirkan perwakilan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pariaman. Hal itu bertujuan agar bakal calon memahami persyaratan yang berkaitan dengan administrasi perpajakan.

"Seluruh stake holder lintas sektoral siap pada pelaksanaan tahapan pencalonan ini," jelas Boedi Satria.

Dalam kesempatan itu, melalui perwakilan partai politik yang hadir, KPU Kota Pariaman mengingatkan agar bakal calon mengurus LHKPN secepatnya untuk mendapatkan tanda terima laporan LHPKN sebagai syarat bagi calon ketika mendaftar. Adapun LHKPN tidak dapat diterbitkan cepat, namun selama 14 hari.

Koordinator divisi teknis KPU Kota Pariaman Arnaldi Putra mengatakan, Pilkada Kota Pariaman yang mendaftar ke KPU dipastikan hanya akan diikuti oleh bapaslon melalui partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Pariaman.

Dari perkembangan yang ada, KPU Kota Pariaman memprediksi pilkada berpotensi diikuti oleh 3 sampai 4 bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Pariaman dengan mengamati pembagian kursi di DPRD Kota Pariaman.

"Sementara itu, untuk memudahkan bapaslon saat mendaftar, LO diminta untuk memulai menginputkan data bapaslon melalui Sistim Pencalonan (SILON) dengan koordinasi dengan operator SILON," jelasnya.

KPU Kota Pariaman bersama perwakilan partai politik juga sepakat membatasi relawan dan pendukung yang mengiringi bapaslon mendaftar ke KPU. Hal ini dikarenakan terbatasnya daya tampung lokasi pendaftaran.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Pariaman Iptu Syafruddin mengatakan, persyaratan SKCK bagi bapaslon dapat diurus di Polres Pariaman. Hingga saat ini beberapa balon telah mengurus SKCK, antara lain Genius Umar, Mahyuddin, Trimurti Ilyas, Mardison Mahyuddin, Dewi Fitri Deswati. Sementara itu bakal calon lainnya yang berdomisili dan KTP luar Pariaman, dapat mengurus sesuai dengan domisili.

Persiapan pengaman pilkada, pihaknya akan menggelar apel gelar pasukan operasi mantap prada Jumat (5/1) di halaman Balaikota Pariaman.

"Untuk konvoi bapaslon dan parpol pengusung pada saat pencalonan, pihaknya siap menfasilitasi pengalawan keberangkatan ke kantor KPU menggunakan voorijder. Namun perlu kami sampaikan, parpol ataupun LO harus pastikan seluruh yang ikut konvoi taat aturan lalulintas. Untuk pengamanan pasangan calon, Polres Pariaman akan menempatkan satu personil melakukan pengamanan melekat bagi setiap calon," pungkasnya. 

Penulis: Ikhlas Bakri
Editor: Ikhlas Bakri