Gerindra-PKS Resmi Usung Mahyuddin-Ridwan

SK DPP Gerindra yang diterima redaksi Pariamantoday dibenarkan keabsahannya oleh wakil ketua Gerindra Kota Pariaman. Foto/istimewa
Pariaman --- Partai Gerindra resmi mengusung Mahyuddin dan M Ridwan sebagai pasangan walikota dan wakil walikota untuk Pilwako Pariaman 2018. Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan DPP Gerindra nomor 12-489/B.1-KWK/DPP-GERINDRA/2017 tentang persetujuan pasangan calon walikota dan wakil walikota Pariaman yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani.

Foto lampiran SK bertanggal 29 Desember 2017 tersebut diterima redaksi Pariamantoday.com pagi ini, Minggu (31/12).

Dalam surat keputusan yang diteken di Jakarta tersebut tidak disebutkan teman koalisi partai Gerindra. Namun dari nama calon wakil walikota M Ridwan, dipastikan Gerindra akan berkoalisi dengan PKS karena Ridwan memang kader PKS dan sejak lama akan diusung oleh partai itu.

Wakil Ketua Gerindra Kota Pariaman Gamindra Kesuma membenarkan keabsahan SK pasangan Mahyuddin-M Ridwan merupakan pasangan walikota dan wakil walikota Pariaman pada Pilwako 2018.

Gamindra menyatakan, SK tersebut keluar setelah dibentuknya koalisi Gerindra-PKS untuk Pilkada Pariaman 2018. Gerindra sendiri memiliki 3 kursi di DPRD Kota Pariaman sedangkan PKS 1 kursi. Gabungan kedua parpol tersebut memenuhi syarat administrasi pendaftaran calon ke KPU Kota Pariaman.

"Gerindra koalisi dengan PKS dan sudah menetapkan Mahyuddin dengan Ridwan sebagai pasangan calon," ujarnya.

Dengan demikian, sebagaimana diberitakan sebelumnya, koalisi lima parpol terlebih dahulu telah mengusung pasangan Genius Umar-Mardison Mahyuddin sebagai pasangan calon di Pilwako Pariaman. Koalisi tersebut adalah Golkar, PAN, PBB, PPP dan PDIP.

Dengan terbentuknya koalisi Gerindra-PKS, sudah ada dua pasangan calon yang akan maju di Pilwako Pariaman. Tidak tertutup kemungkinan Pilkada Pariaman akan diikuti tiga pasang calon karena masih tersisa dua partai lagi yang memenuhi syarat administrasi pengusungan paslon ke KPU. Partai tersebut adalah Nasdem dan Hanura. 

Penulis: Ikhlas Bakri
Editor: Ikhlas Bakri