Disdukcapil dan DPMPTP Padangpariaman Akan Luncurkan "Pedang Saber" Versi 3

Kadisdukcapil M. Fadhly didampingi Sekretaris Martoni saat berkunjung dan bersikaturahmi ke DPMPTP di Pariaman, baru-baru ini. Foto/istimewa
Pariaman --- Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil akan berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padangpariaman dalam program "Pedang Saber" versi tiga. Program ini akan diluncurkan pada awal tahun depan/2018.

"Alhamdulillah, Pedang Saber versi 3 kita akan dilengkapi mobil keliling yang sudah dianggarkan pada APBD 2018. Begitu kepedulian Bapak Bupati dan DPRD," kata Kadisdukcapil M Fadhly dan Kepala Dinas DPMPTP Hendra Aswara di Pariaman, Senin (4/12).

Program ini, ujar Fadhly, sudah lama direncanakan namun baru terealisasi pada tahun 2018. Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan serta memudahkan masyarakat. Saat mengurus dokumen kependudukan, masyarakat juga bisa langsung mengurus terkait perizinan.

"Kita punya motto membahagiakan masyarakat, saatnya rakyat menikmati," kata Jebolan STPDN angkatan VI itu.

Sementara itu Kadis PMPTP Hendra Aswara menbenarkan bahwa keikutsertaanya pada program Pedang Saber versi 3 yang digagas oleh Disdukcapil. Setelah membenahi sistim aplikasi dan mempercantik ruang layanan, maka DPMPTP untuk tahun depan akan turun ke lapangan.

"Atas arahan Bapak Bupati, agar Disdukcapil dan DPMPTP untuk berkolaborasi dalam pelayanan. Tidak tertutup kemungkinan juga jika ada OPD yang lain yang ingin bergabung," kata Alumni STPDN Angkatan XI itu.

Sementara Neti, warga Aur Malintang, mengatakan program Pedang Saber sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Ia senang sekali adanya pelayanan langsung jadi di tempat yang dilakukan Disdukcapil. Bahkan melayani masyarakat hingga pelosok nagari di perbatasan Kabupaten Agam.

"Saya lihat petugas melayani hingga larut malam. Artinya motto saatnya rakyat menikmati sudah sangat tepat sekali," ujar ibu rumah tangga itu. (HA)