Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni Pimpin Siaga Bencana Padangpariaman Hadapi Siklus Dahlia

2 Desember 2017 | 2.12.17 WIB Last Updated 2017-12-02T10:50:14Z
Bupati Ali Mukhni meninjau dampak siklus tropis dahlia di beberapa titik lokasi di wilayah Padangpariaman, Sabtu (2/12)
Padangpariaman --- Menghadapi cuaca ekskrim akibat dampak siklus tropis dahlia, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengimbau semua aparatur pemerintah dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus siaga bencana banjir, banjir bandang, abrasi, banjir rob, tanah longsor, dan angin puting beliung. Situasi ini menurutnya terjadi hingga Februari 2018 mendatang.

Orang nomor satu di Padangpariaman itu menuturkan, dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana, perlu dilakukan upaya-upaya pelaksanaan kesiapsiagaan terkait dengan situasi musim penghujan.

“Kita apresiasi BPBD, PUPR bergerak cepat atasi bencana. Alat berat juga disiagakan apabila terjadi longsor," ujar Bupati Ali Mukhni ketika meninjau di beberapa lokasi yang terkena musibah, Sabtu (2/12).

Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rawan longsor seperti di pinggir tebing atau bukit, tambah Ali Mukhni, agar segera evakuasi diri ke tempat yang aman apabila hujan lebat dalam durasi yang lama.

"Kalau hujan lebat dalam waktu lama, sebaiknya memilih nginap di tempat yang aman," ujar peraih penghargaan terbaik dalam Manajemen Bencana itu.

Peringatan dini juga disampaikan ke para camat agar selalu memonitor wilayahnya selama 1x24 jam.

"Laporkan kejadian dan berkoordinasi dengan stakeholders terkait lainnya," pungkasnya.

Hingga saat ini, jelas Ali Mukhni, telah terjadi musibah di antaranya longsor di kecamatan Sungai Limau dan 2x11 Kayu Tanam, abrasi di Ulakan.

"Namun tidak menimbulkan korban jiwa," ungkapnya. (HA)
×
Berita Terbaru Update