Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Sukses Raih Juara III Nasional Siaran Pers Pemerintahan Daerah

27 November 2017 | 27.11.17 WIB Last Updated 2017-11-27T09:08:18Z
Wako Pariaman Mukhlis Rahman perlihatkan penghargaan AMH 2017 yang dibawa oleh Kadis Kominfo Kota Pariaman Nazifah dan Kabid IKP Evi Irma, Senin (27/11). Foto/Junaidi
Pariaman --- Pemerintah Kota Pariaman merupakan satu-satunya utusan kota/kabupaten di Pulau Sumatera yang mengukir prestasi di malam puncak Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2017.

Pemko Pariaman berhasil meraih juara nasional ketiga AMH 2017 kategori Siaran Pers/Pemberitaan untuk pemerintahan daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

AMH tahunan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Bakohumas RI di hotel Novotel Palembang, Kamis malam (23/11).

Pemko Pariaman berada di bawah provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung yang meraih juara dua dan juara umum. Dalam kategori yang sama untuk Kementerian/LPNK/BUMN/PTN, juara satu diraih oleh Kemenristek Dikti, juara dua Kemenhub dan juara ketiga oleh Kemenpan/RB.

Untuk tahun 2017, AMH hanya melombakan empat kategori, yaitu Kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Kategori Penerbitan Media Internal, Kategori Media Sosial dan Kategori Media Pelayanan Informasi Internet. Kemudian dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok satu untuk Kementerian/LPNK/BUMN/PT dan kelompok dua untuk Provinsi/Kabupaten/Kota.

Penghargaan AMH 2017 diterima oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Dinas Kominfo Kota Pariaman, Evi Irma dari salah satu dewan juri Kemenkominfo RI yang memberikan penilaian dalam AMH 2017 tahun tersebut.

Sebanyak 167 provinsi/kabupaten/kota yang bersaing dalam ajang itu, Kota Pariaman menjadi satu-satunya kabupaten/kota luar Pulau Jawa yang berhasil menyabet juara/terbaik III menyisihkan kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengaku bangga dengan prestasi tersebut. Ia memuji jajaran Dinas Kominfo Kota Pariaman yang telah bekerja dengan maksimal, sehingga memperoleh predikat terbaik di Indonesia.

"Semoga masyarakat mendapatkan feedback atau umpan balik dari kebijakan yang kita keluarkan sehingga pemberitaan dan program serta kegiatan yang kita laksanakan, betul-betul bersentuhan langsung dengan mereka, dan bersifat informatif," ujarnya ketika menerima penghargaan tersebut dari Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Nazifah dan Kabid IKP Diskominfo Kota Pariaman Evi Irma di ruang kerjanya, Senin (27/11).

Mukhlis Rahman menyebut, dengan pemberitaan, akan mewujudkan kebersamaan antara pemerintah daerah dan masyarakat kota Pariaman terkait berbagai informasi yang bersifat membangun.

"Diharapkan melalui pemberitaan yang kita publikasikan masyarakat pro aktif untuk memberikan kritikan yang konstruktif, sehingga tingkat kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjalankan pembangunan yang pemerintah lakukan, dapat kita kawal bersama," jelasnya.

Saat ini, kata Mukhlis, Pemko Pariaman juga tengah berbenah untuk mewujudkan e-goverment dengan smart citynya. Sebut saja e-budgetting, e-planning, UPIAK, LPSE, e-warung dan yang terbaru adalah transaksi non tunai yang telah diterapkan di awal November yang lalu.

"Hal ini sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Pusat. Berdasarkan instruksi Presiden, dalam pelayanan dan birokrasi mesti mengutamakan transparansi dan pemangkasan birokrasi," sambungnya.

AMH ke-7 yang dilaksanakan di Palembang agak berbeda dari AMH-AMH sebelumnya. AMH biasanya melombakan 6 kategori, sekarang dipangkas menjadi 4 kategori. Siaran Pers/Pemberitaan dan Media Sosial, juga pertama kalinya dimasukan dalam kategori AMH.

Selain itu, juga dilombakan stand terbaik, lomba KIM tingkat nasional serta penampilan kesenian pertunjukan tradisional tingkat nasional, dimana Provinsi Sumatera Barat meraih terbaik I untuk kategori itu.

AMH 2017 juga merupakan rangkaian dari Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 yang dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 23 November 2017 di Provinsi Sumatera Selatan.

AMH 2017 dibuka oleh MenPAN RB Asman Abnur dan ditutup oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Rosarita Niken Wisiastuti yang juga Ketua Umum Bakohumas RI. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update