Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kodim Pariaman Renovasi Berat 4 Rumah Veteran Untuk Wilayah Padangpariaman

1 November 2017 | 1.11.17 WIB Last Updated 2017-11-01T12:10:51Z

Dandim saat meninjau bedah rumah veteran. Foto/Nanda
Aurmalintang --- Kodim 0308/Pariaman renovasi berat rumah milik tentara veteran pejuang secara serentak di Kabupaten Padangpariaman. Renovasi rumah veteran tersebar di kecamatan Sungai Geringging, kecamatan Sungai Limau dan kecamatan IV Koto Aurmalintang itu resmi dimulai pengerjaannya oleh prajurit TNI Kodim 0308/Pariaman pada Sabtu (7/10) silam dan targetkan rampung pada Selasa (7/11) mendatang.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Hermawansyah saat meninjau salah satu rumah veteran yang tengah direnovasi di Sungai Geringging, Rabu (1/11) siang mengatakan, awalnya dalam perencanaan, bedah atau rehab rumah veteran di wilayah Kodim 0308/Pariaman mencapai puluhan rumah yang patut untuk dilakukan rehab. Namun karena keterbatasan kemampuan dan dana, baru empat rumah saja yang bisa diperbaiki periode tahun 2017 ini.

“Program ini kerjasama dengan perusahaan BUMN, PT Jasindo. Dari puluhan yang kita usulkan baru yang disetujui untuk dibantu 4 unit. Sehingga kita tetapkan skala perioritas, bangunan yang paling tidak layak kita utamakan,” ujarnya Hermawansyah.

Dijelaskannya, bedah rumah veteran dikerjakan seluruhnya oleh personil Kodim 0308/Pariaman. Sedangkan bantuan dana yang diberikan oleh perusahaan BUMN dapat dioptimalkan untuk membeli material dan bahan bangunan.

“Semua pekerjanya dari personil kita, tukang dan buruhnya dari kita, sehingga dana bantuan dari sponsor kita optimalkan untuk keperluan bahan dan materialnya. Jika berlebih maka bangunannya akan kita perbesar dari rencana awal,” ulasnya.

Menurutnya, bedah rumah veteran merupakan program rutin Kodim 0308/Pariaman yang dibantu oleh perusahaan BUMN dengan sasaran rumah veteran atau pejuang yang tidak layak huni.

Dalam program ini, Hermawansyah mengajak masyakat dan generasi muda berpartisipasi dalam program tersebut. Tidak hanya berbentuk materil ataupun bahan bangunan, masyarakat dapat berpartisipasi melakukan gotong royong, berbaur bersama personil TNI memperbaiki rumah veteran.

“Bagi yang ingin berpartisipasi tidak hanya dengan materi saja. Partisipasi bisa dengan ikut membantu ngaduk semen, bisa bantu angkat-angkat bahan material atau gotong royong. Bisa juga jika rumah sudah selesai diperbaiki, mungkin ada masyarakat kita yang membantu kelengkapan isi rumahnya,” kata dia.

Kata Hermawansyah, agar lebih banyak lagi rumah tidak layak milik veteran di wilayah teritorial Kodim 0308/Pariaman yang bisa direnovasi, pihaknya mencoba mengkomunikasikan hal itu kepada pemerintah daerah setempat.

Untuk meningkatkan kepudulian masyarakat kepada veteran, pihaknya pun mendorong walinagari dan walikorong untuk mengajak warga agar mau membantu anggota TNI untuk bedah rumah milik veteran di daerah itu.

Salah seorang veteran yang rumahnya dibedah, Midun (86) merasa beruntung karena selama ini ia tinggal di rumah itu bersama istri dan satu anaknya.

"Saya tidak mampu merenovasi rumah yang rusak karena gempa 2009, terlebih masih menyekolahkan anak yang paling kecil di SMK," katanya.

Kegiatan bakti bedah ruman veteran menjadi program rutin Kodim 0308/Pariaman. Selain bentuk kepedulian kepada veteran, program yang dilakukan itu akan terus mendorong rasa peduli dan penghargaan masyarakat kepada veteran. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update