Etape VI TdS 2017 Start di Pantai Gandoriah Pariaman

MC memanggil pembalap TdS jelang pemulaian start etape VI di Pantai Gandoriah Pariaman. Foto/Nanda
Gondariah --- 74 pebalap Tour de Singkarak (TdS) dari 19 klub nasional dan internasional lepas start di Pantai Gondariah Pariaman menuju titik finish di Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (23/11) pagi.



Pembalap TdS memacu sepedanya di area wisata Pantai Gandoriah yang dikunjungi ribuan warga. Foto/Nanda


Sebelum mencapai titik finish, pebalap dari berbagai negara itu terlebih daluhu memacu sepedanya mengelilingi beberapa titik objek wisata dan jalan utama di Kota Pariaman. Jumlah pebalap yang masih bertahan melanjutkan etape VI berkurang dibandingkan pada etape sebelumnya yang disebabkan kelelahan pada etape V.


Kadiskes TNI AL dan Wakil Walikota Pariaman sedang diskusi tentang pengembangan wisata bahari kota Pariaman. Foto/Nanda


Wakil walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, Kota Pariaman hari ini menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan start etape ke VI Tour de Singkarak tahun 2017. Ia meyakini kualitas pelaksanaan TdS dari tahun ke tahun makin baik, akan memberikan pengaruh kepada peningkatan grafik kunjungan wisata ke kota Pariaman.


Para pembalap TdS foto bersama dengan unsur Forkopimda Kota Pariaman. Foto/Nanda


“Kunjungan wisatawan tidak terlalu maksimal pada pelaksanaan atau pada hari H TdS. Namun target dari Pemko Pariaman adalah peningkatakan kunjungan wisatawan meningkat setelah pelaksanaan TdS dan hal yang ingin disasar oleh Pemko Pariaman menjadikan ajang TdS sebagai sarana promosi pariwisata kota Pariaman kepada dunia,” ujarnya.


Wakil Walikota Pariaman Genius Umar beri cinderamata kepada salah satu pembalap TdS. Foto/Nanda


Kata Genius, banyak media nasional dan internasional yang melakukan pengambilan gambar objek wisata, budaya dan kesenian pada serba-serbi iven TdS khususnya pada start etape ke VI, secara tidak langsung langkah promosi gratis yang didapatkan dengan menyediakan anggaran pelaksanaannya.

“Efeknya domino saya kira. Kita menjadi titik start, tentu serba-serta tentang kota Pariaman diliput oleh media luar, tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan,” ulasnya.

Diakuinya, kota Pariaman dalam ajang TdS dari awal hingg saat ini masih sebatas menjadi tuan rumah atau menjadi daerah yang dilalui oleh pebalap. Namun diharapkan pada TdS selanjutnya, kota Pariaman bisa mengirimkan pebalap asal Pariaman pada ajang internasional itu.

Dikatakanya, pihaknya bersama pihak terkait akan mendiskusikan kemungkinan adanya tim kota Pariaman mengikuti TdS.

Di samping Tour De Singkarak, kata dia, Pemko Pariaman akan ada iven lain seperti Pariaman Internasional Triatlon dan iven lainnya untuk mendukung promosi wisata kota Pariaman.

Menurut Genius, sebagai kota wisata, Pariaman masih belum ditunjang fasilitas kepariwisataan lainnya. Belum adanya hotel yang memenuhi standar peserta TdS dan official, membuat peserta masih menginap di Hotel di daerah Kota Padang, belum di Pariaman. Hal itu dikarenakan belum adanya hotel yang sesuai dengan standar TdS dan diharapkan ada pihak yang berinvestasi di kota Pariaman, karena kota Pariaman pantas untuk berinvestasi.

“Makanya kita imbau para pemilik modal investasi di kota Pariaman. Bangun hotel, bangun cottage, peningkatan kunjungan wisatawan ke Pariaman adalah peluang investasi yang benefit kedepannya dan kita akan beri kemudahan untuk itu. Jika nanti kita telah memiliki hotel yang baik, tentu peserta TdS ataupun wisatawan akan nyaman di Pariaman,” sebutnya.

Sementara itu, Kadiskes TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Nora Lelyana, menyebut bahwa kota Pariaman memiliki potensi pariwisata khususnya bahari yang telah on the track.
 

TNI AL kata dia, mendukung upaya menjadikan Pariaman sebagai daerah destinasi wisata untuk mengerakkan perekonomian masyarakat sebagai pelaku usaha. Modal potensi alam yang dimiliki oleh kota Pariaman harus didukung dengan sumber daya manusia yang ada.

“Iven seperti ini bagus ya, apalagi kelasnya internasional. Dengan iven seperti ini, saya rasa kunjungan wisatawannya akan meningkat,” tutupnya.

Selain penampilan kesenian tradisional khas Pariaman, pelepasan peserta TdS juga dimeriahkan oleh artis ibukota, Cinta Penelope dan komedian Pariaman, Ajo Buset. Selain menjadi lokasi start pada etape VI. (ADV)