Boby dan Angelina Terpilih Jadi Duta Kota Hijau Pariaman 2017

Dewan juri dan panitia serta pemenang Duta Kota Hijau berfoto bersama. Foto/Juned
Pariaman --- Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Pariaman gelar Green Festival 2017 ke-5. Rangkaian kegiatan Green festival terdiri dari lomba daur ulang untuk tingkat SD-SMP sederajat dan lomba duta kota hijau untuk pelajar SMP-SMA sederajat.

Awalnya Green Festival dilaksanakan di Asean Youth Park untuk mengenalkan taman baru yang ada di Kota Pariaman. Berhubung hujan deras dan angin kencang ketika memasuki siang harinya, lokasi lomba dipindahkan di lantai 3 gedung serbaguna kantor bersama Pemko Pariaman, Karan Aur, Minggu (26/11).

Untuk Duta Kota Hijau tahun 2017, diikuti sebanyak 83 pelajar, yang setelah melewati proses wawancara pada hari Jumat, terpilih sebanyak 42 orang. Pelajar yang lolos ke babak semi final tampil mengenakan pakaian daur ulang yang telah mereka buat sebelumnya.

"Dari 42 pelajar yang lolos nanti akan dipilih 10 putra dan 10 putri untuk masuk grand final, dan akan dinobatkan siapa yang berhak menyandang predikat Duta Kota Hijau 2017," ujar Ketua FKH Kota Pariaman, Junaidi.

Menurut Junaidi, acara itu dilakukan untuk menanamkan rasa cinta lingkungan dan pemanfaatan barang tidak terpakai, sampah, atau limbah UKM, untuk dijadikan barang yang bisa dipakai dan mempunyai nilai jual, serta bermanfaat.

"Dengan membiasakan mereka dari sajak dini untuk mengolah sampah dan membuang sampah pada tempatnya, diharapkan ketika mereka dewasa, akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan ditularkannya juga untuk yang lainya," katanya.

Terpilih untuk Duta Kota Hijau Kota Pariaman tahun 2017 Putra, Boby Setiadi dari SMAN 4 Pariaman, Duta Kota Hijau Putri, Angelina Ajeng Masayu dari SMPN 1 Pariaman.

Sedangkan Wakil I Putra, terpilih Aldivo Zikra dari MTSN 1 Pariaman, Wakil I Putri oleh Chairunnisa dari SMAN 1 Pariaman.

Untuk Wakil II Putra direbut Vadilla Zikra Rahma dari MTSN 1 Pariaman dan Wakil II Putri oleh Azizah Hawari dari SMAN 2 Pariaman. Sedangkan Duta Kota Hijau Favorit Putra diraih Fadly Nesa Putra dari SMKN 2 Pariaman dan untuk Favorit Putri Meysifa Syamra dari SMAN 2 Pariaman.

The Best Kostum yang biasanya hanya untuk 1 putra dan 1 putri, kali ini menjadi 3 putra dan 3 putri, yang masing-masing dimenangkan oleh Muhammad Fajri (SMAN 4), Farhan Mahanur (MTSN 1) dan Dedek Isnu Wardana (SMPN 2).

Sedangkan The Best Kostum Putri dimenangkan oleh Nadia Khalisa (SMPN 1), Salsabila Rahmadani (SMKN 2) dan Siti Lutfia Herman (SMPN 2). (Tim)