Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

LKAAM Pariaman Bahas Pemberian Gelar Sangsako bagi Forkopimda di Pariaman Batagak Gala

18 Oktober 2017 | 18.10.17 WIB Last Updated 2017-10-18T12:41:06Z
Mukhlis yang juga ketua LKAAM Kota Pariaman pimpin rapat LKAAM Kota Pariaman persiapan Pariaman Batagak Gala II
Pariaman --- Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman gelar rapat persiapan untuk penyelenggaraan Pariaman Batagak Gala II yang akan dilaksanakan tanggal 25 Desember 2017 mendatang, di Balaikota Pariaman, Rabu (18/10).

Rapat yang dipimpin ketua LKAAM Mukhlis Rahman itu membahas tentang evaluasi Pariaman Batagak Gala tahun 2016 yang tergolong sukses. Dan sebagai pioner mambangkik batang tarandam atas pengangkatan datuak yang ada di Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat umumnya.

"Ke depan kita ingin iven Pariaman Batagak Gala II, orang yang akan dilewakan menjadi datuak, betul-betul sesuai dengan ketentuan adat dan kesepakatan kaum dan disetujui oleh KAN," kata Mukhlis yang juga walikota Pariaman.

Pariaman Batagak Gala merupakan iven yang digagas oleh Pemerintah Kota Pariaman dalam rangka melestarikan adat dan budaya Minangkabau dalam hal pengangkatan penghulu adat. Tingginya biaya untuk melewakan gelar datuak bagi seseorang membuat jumlah datuak di Pariaman semakin berkurang

"Dengan adanya Pariaman Batagak Gala akan menghidupkan kembali peran datuak yang ada di masyarakat Minangkabau, khususnya di Kota Pariaman, yang merupakan tampek batanyo bagi anak dan kamanakan kaumnya, dan orang yang dituakan untuk mewakili dan memimpin kaum/sukunya," sebutnya.

Dalam kesempatan itu juga dibahas tentang penganugerahan gelar sangsako bagi pimpinan forkopimda yang ada di Kota Pariaman, agar nantinya ikatan batin antara pimpinan forkopimda dengan masyarkat Pariaman lebih terjalin dengan erat.

Rapat ini juga sekaligus penguatan internal LKAAM Kota Pariaman, KAN dan Bundo Kanduang se Kota Pariaman. Menurut Mulhkis masih banyak KAN yang belum memiliki kantor. Bagi yang masih belum itu, ia meminta dicarikan tanah agar pemerintah Kota Pariaman dapat membangunnya. Sedangkan untuk Kantor LKAAM Kota Pariaman bersamaan dengan kantor Bundo Kanduang, akan dibangun di tahun 2018 mendatang. (Juned)
×
Berita Terbaru Update