Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Baznas Pariaman Bina Mustahik Penerima Modal

19 Oktober 2017 | 19.10.17 WIB Last Updated 2017-10-19T12:26:53Z

Pariaman --- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman puji kinerja Baznas Kota Pariaman dalam mendistribusikan zakat ASN dengan program tepat sasarannya. Berbagai program yang telah dikeluarkan, ia nilai telah berdampak positif bagi pengembangan sumberdaya masyarakat.

"Adalah program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan langsung diterima oleh para mustahik yang layak menerima bantuan tersebut," ujarnya saat pembinaan dan pengawasan program pendayagunaan Pariaman Makmur--Ekonomi Produktif Baznas di kantor Baznas Pariaman, Kamis (19/10).

Mukhlis berkata, dengan pembinaan dan pengawasan dari Baznas kepada mustahik penerima bantuan program Pariaman Makmur 2016 lalu, diharapkan mustahik lebih bisa mengembangkan diri dari sisi perekonomian.

Ia menjelaskan, walau hanya 6 persen dari total 543 penerima bantuan tahun 2016---yaitu sebanyak 37 orang---mereka tetap diberlakukan serius. Modal usaha akan disesuaikan dengan rancangan anggaran biaya guna pengembangan usaha yang mereka ajukan.

Para mustahik yang sudah mendapatkan pembinaan, harap Mukhlis, akan merubah mustahik menjadi muzakki atau pemberi zakat, bukan lagi stagnan di penerima zakat.

"Kalau mereka telah sukses, mereka tidak akan mau lagi menerima bantuan, dan malah akan menyalurkan zakat," sebutnya.

Wakil Ketua Baznas Kota Pariaman Asman Yahya, mengatakan di tahun 2016 lalu Baznas Kota Pariaman telah menyerahkan zakat kepada 543 orang mustahik dengan besar bantuan Rp1.500.000 per orang.

Kemudian dari jumlah mustahik keseluruhan dilaksanakan monitoring yang terdiri dari dua tahap. Tahap I pada tanggal 6 Desember 2016 hingga 10 Januari 2017, dan tahap II pada tanggal 25 April hingga 24 Mei 2017.

Dengan hasil penilaian, kategori A---usaha yang mungkin berkembang---sebanyak 37 mustahik (6%), kategori B---usaha belum berkembang---404 mustahik (75%), dan kategori C--usaha tidak jalan--sebanyak 102 mustahik (19%).

"jadi saat ini kita komit untuk mengembangkan 37 mustahik ini, agar usaha mereka dapat semakin berkembang dan maju, sehingga dapat mengangkat derajat kehidupan mereka nantinya," tuturnya.

Ke depan kata Asman, mereka yang mendapatkan pembinaan akan menerima tambahan bantuan modal usaha sesuai dengan usaha yang mereka jalankan. Kemudian akan menjadi percontohan untuk usaha kecil menengah binaan dari Baznas Kota Pariaman. (Juned)
×
Berita Terbaru Update