Puskeswan IB Pariaman Raih ISO 9001-2015


Padang Aro --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan dan Inseminasi Buatan (Puskeswan dan IB) Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman, mendapatkan sertifikat ISO 9001-2015 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

ISO 9001-2015 diserahkan secara simbolis oleh Direktur Kesehatan Hewan, Dirjend Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Fadjar Sumping Caturasa kepada Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Agusriatman pada acara puncak Live Stock Expo 2017, di Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Agusriatman mengatakan bahwa, sebagai salah satu UPT yang berhadapan langsung dengan masyarakat, Puskeswan IB harus senantiasa menjaga kualitas layanan terhadap produk dan jasa yang diberikan.

"UPT Puskeswan IB Kota Pariaman mempunyai tugas dan fungsi dalam memberikan jasa pelayanan kesehatan hewan, juga inseminasi buatan di wilayah Kota Pariaman," ungkap Agusriatman.

Sebagai unit pelaksana teknis, sambungnya, Puskeswan harus bekerja sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP) kelengkapan teknis dan administrasi pendukung terhadap jenis-jenis layanan yang diberikan oleh Puskeswan.

"SOP itu penting, karena dengan SOP pekerjaan yang kita lakukan akan lebih efektif, lebih terukur dan lebih mudah untuk melakukan evaluasi," imbuhnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2015, kata dia, mesti melalui proses yang cukup panjang. Dimulai dengan penyusunan dokumen, audit internal dan audit external, terhitung sejak bulan Februari 2017. UPT Puskeswan IB Kota Pariaman akhirnya berhak mendapatkan sertifikat ISO 9001-2015.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Anang Yusuf selaku kepala UPT Puskeswan IB Kota Pariaman, menyampaikan bahwa diterimanya sertifikat ISO 9001-2015, bukan merupakan capaian, tapi merupakan awal dari dimulainya suatu komitmen untuk mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat yang lebih baik, lebih terarah, terukur dan akuntabel. (ASKB)