Gempa 6.2 SR Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Berhamburan

Foto BMKG
Pariaman -- Gempa bumi dengan guncangan kuat bangunkan warga Pariaman yang sedang terlelap tidur, Jumat dinihari pukul 00.06 WIB, (1/9/2017). Bahkan ada di antara warga spontan meninggalkan kediamannya untuk mengungsi.

BMKG mencatat, gempa berkekuatan 6.2 SR itu berlokasi 80 km timur laut Kepulauan Mentawai atau 87 km barat daya Kota Pariaman, berada di posisi 1.30 lintang selatan dan 99.66 bujur timur, dengan kedalaman 10 km. BMKG dalam rilisnya menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

Dalam pantauan wartawan di lapangan, sebagian warga yang terjaga akibat gempa masih mengidupkan lampu ruang tengah rumahnya. Mereka tetap siaga dan belum kembali tidur. Pintu rumah dibiarkan tetap terbuka.

"Kita siaga, mudah-mudahan tidak terjadi gempa susulan," ucap Rida (43), warga Jati Hilir, Pariaman Tengah.

Ia menceritakan, saat terjadi gempa dirinya sedang tidur lelap dan tiba-tiba terbangun akibat guncangan gempa disertai bunyi bergemuruh. Seisi rumahnya terasa terguncang.

"Kami dan anak-anak segera ke luar rumah. Gempa terasa cukup lama dan bunyi gemuruhnya sangat menakutkan," ujar ibu dua anak itu. (OLP)