Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bukti Tabuik Merakyat, Mardison Banyak Temukan Tagar Tabuik Viral di Medsos

29 September 2017 | 29.9.17 WIB Last Updated 2017-09-29T12:39:01Z
Tabuik 2016. Dokumentasi Pariamantoday.com
Pariaman --- Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin optimis kunjungan wisatawan pada puncak pesta budaya Tabuik tahun 2017 yang digelar Minggu (1/10) mendatang, meningkat 50 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan tidak terlepas keunikan budaya Tabuik yang memiliki makna dan prosesi yang dirangkai sejak awal hingga puncak.

“Pesta Tabuik itu unik, tidak ada daerah lain yang memiliki pesta budaya seperti itu. Belum lagi rangkaian prosesi penampilan budaya dan kesenian yang dirangkai sejak awal hingga akhir. Inilah daya Tabuik untuk dikunjungi,” ujarnya di Pariaman, Jumat (29/9) sore.

Selain keunikan pesta budaya Tabuik, promosi dan sosialiasi yang dilakukan oleh pihak terkait dan netizen lokal Pariaman, menjadikan informasi tentang keunikan Tabuik dan jadwal pelaksanaannya ikut menyebar luas kepada wisatawan lokal dan internasional.

Sebagai salah seorang pengguna media sosial yang aktif berinteraksi dengan masyarakat dan konstituen, Mardison mengaku menemukan beragam tagar (#) pada twiter dan hastag di instagram memuat tentang keunikan pesta budaya tabuik Pariaman.

“Saya lihat di media sosial informasi tentang Tabuik semua, bukan hanya pemerintah dan panitia saja yang mensosialiasasikan, namun pengguna internet dan media sosial ikut menyebarluaskan informasi ini,” ujarnya.

Pesta budaya Tabuik yang telah menjadi wisata budaya andalan yang dimiliki oleh Kota Pariaman, imbuh dia, harus dilakukan berbagai pembenahan agar semakin dipadati pengunjung. DPRD Kota Pariaman dengan fungsi anggaran, akan meningkatkan dukungan anggaran pesta budaya Tabuik setiap tahunnya sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh panitia atau dinas terkait.

“Kita dukung peningkatan alokasi anggaran untuk pesta budaya Tabuik dan anggaran iven pariwisata lainnya. Setiap tahun dengan makin banyaknya prosesi dan kegiatan yang memeriahkan pesta tabuik, tentu anggarannyapun akan naik, kita sesuaikan dengan peningkatan itu,” sebut salah satu kandidat kuat di bursa Pilwako Pariaman itu.

Kepada panitia ia mendorong agar menerapkan transparansi anggaran penyelenggaraan pesta budaya Tabuik kepada masyarakat. Transparansi  itu, kata dia, untuk memberikan rasa memiliki pesta Tabuik itu sendiri oleh masyarakat.

“Masyarakat perlu tahu tentang anggaran penyelenggaran pesta Tabuik, mungkin saja dengan makin terbukanya soal anggaran, pihak lain dan masyarakat yang ikut berswadaya,” pungkasnya.

Pesta budaya Tabuik akan berakhir pada Minggu esok yang dimulai sejak pagi hari hingga sore. Pagi hari, puncak pesta budaya tabuik di awali dengan prosesi “Tabuik naik pangkek” dan ditutup dengan prosesi “Tabuik dibuang ka lauik”. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update