Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berikut Jumlah Bencana Alam yang Terjadi di Wilayah Padangpariaman Akibat Cuaca Buruk

22 September 2017 | 22.9.17 WIB Last Updated 2017-09-22T12:52:32Z
Bupati Ali Mukhni bersama masyarakat tinjau arus sungai pasca hujan di Batu Kalang, Padang Sago, Kamis (21/9).

Padangpariaman --- Tingginya curah hujan disertai angin kencang sejak dua bulan terakhir, tentunya akan berpotensi datangnya bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang hingga puting beliung.

Hal tersebut berusaha diantisipasi oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni yang segera menyerukan warganya untuk siaga menghadapi segala bencana yang akan terjadi.

Imbauan tersebut diserukan Ali Mukhni setelah menerima laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai curah hujan yang tinggi dan beresiko di berbagai kecamatan di Padangpariaman.

“Kami imbau masyarakat Padangpariaman siap siaga darurat bencana 1x24 jam karena curah hujan yang sangat tinggi,” ujar Ali Mukhni usai mengunjungi masyarakat di Batu Kalang, Padang Sago, Kamis (21/9).

Terkait siaga kebencanaan, Ali Mukhni menyebut dirinya telah lama memantau penuh. Semua laporan terkait bencana dari SOPD, Walinagari dan Camat mesti disampaikan tiap hari. Baik saat ada bencana maupun tidak.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Padangpariaman Amiruddin merilis peristiwa bencana seminggu terakhir akibat hujan lebat dengan durasi panjang. Curah hujan tinggi disertai angin kencang telah mengakibatkan bencana alam yang mengakibatkan kerugian materil bagi masyarakat.

Dalam rilis yang diterima redaksi, berikut data bencana selama satu minggu terakhir;

1. Pohon tumbang menimpa badan jalan di Korong Kampuang Durian Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung pada tanggal 20 September 2017.

2. Pohon tumbang menimpa badan jalan di Korong Talawo Mundam di Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, 20 september 2017        

3. Pohon tumbang menimpa badan jalan di Sigimba, Kecamatan Ulakan Tapakis 20 September 2017.

4. Tanah longsor menimbun badan jalan Sungai Limau - Sungai Geringging di Korong Lampajang Nagari Kuranji Hilir Sungai Limau. Kejadian jam 14.00 Wib, Rabu, 20 September 2017. Ketinggian longsor 2 meter, panjang longsor 7 meter.

5. Jalan terbal di Korong Batu Mangaum Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging. Kejadian hari Selasa, 19 September 2017. Jam 22.00 Wib. Jalan yang runtuh sekitar 1 meter, panjang 4 meter.

6. Longsor menimpa 2 rumah. Lokasi kejadian Korong Kubu Alahan Kuranji, Nagari Sungai Ssirah Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging.

1) Rumah milik Siar, petani umur 70 tahun dengan 3 anggota keluarga. 2 sepeda motor ikut tertimbun dengan kondisi rumah rusak berat.

2) Rumah milik Efendi, petani, umur 37 tahun dengan 5 anggota keluarga, seorang di antaranya ibu hami. Kondisi rumah rusak.

7. Tanah longsor juga menimbun jalan nagari antara Korong Lansano - Korong Patamuan. Akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor/lumpuh total. Ketinggian material tanah longsor mencapai 4 mater panjang longsor 10 meter. Lokasi kejadian di Korong Lansano Nagari Sikucur Barat, Kecamatan VII Koto Kampung Dalam.

"Tidak ada korban jiwa, ada satu luka ringan dan kerugian yang ditimbulkan ketegori sedang setelah dihitung tim teknis," ujar Amiruddin. (TIM)
×
Berita Terbaru Update