Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Expo 2017 di Gandoriah Resmi Dibuka

13 Agustus 2017 | 13.8.17 WIB Last Updated 2017-08-13T12:02:05Z
Stand Polres Pariaman di Pariaman Expo 2017
Gondariah -- Pariaman Expo dan Pameran Pembangunan Kota Pariaman tahun 2017 resmi dibuka Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Minggu (13/8/2017),di Pantai Gandoriah, diawali dengan tausiah doa bersama ustad kondang Subkhi al Bughuri. Pariaman Expo berlangsung hingga Sabtu 19 Agustus mendatang dengan menampilkan berbagai hiburan kesenian dan musik.

Siriah carano tanda sibukanya Pariaman Expo 2017


Kepala Dinas Perindagkop UMKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit, menuturkan Pariaman Expo tahun 2017 diikuti oleh 39 stan peserta yang berasal dari BUMN, SOPD Kota Pariaman, perusahaan perbankan, perusahaan automotif dan UMKM lokal Kota Pariaman. Selain lokal, kegiatan tahun ini juga diikuti oleh UMKM yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat.


Walikota Mukhlis saat live di RRI Pariaman


“Alhamdulillah tahun ini banyak peserta yang berpartisipasi, tidak hanya dari pelaku UMKM lokal kota Pariaman saja, namun juga ada peserta yang datang dari daerah lain di Sumatera Utara,” ujar dia.

Menurut Gusniyetti, keikutsertaan UMKM dari luar Sumatera Barat dapat memperlus jaringan dan membangun kerjasama antar UMKM dalam memasarkan produknya dan studi komparatif antara sesama UMKM.

“Dengan ikutnya UMKM dari luar yang kadang berbeda produksinya, tentu kita harapkan menambah jaringan pemasaran produk dan juga bisa menjadi studi komperatif antara pelaku UMKM,” ulasnya.

Ia berharap selain memacu perkembangan UMKM lokal di kota Pariaman, Pariaman Expo yang dilaksanakan dikawasan Pantai Gondariah, juga mampu mengundang wisatawan untuk datang ke kota Pariaman.

“Tentu, kita harapkan juga memang ada peningkatan kunjungan wisatawan ke kota Pariaman. Itu salah satu ekses lain yang ingin kita harapkan dengan terselenggaranya acara ini,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, mengatakan, rangkaian kegiatan Pariaman Expo dan Pameran Pembangunan tahun 2017 merupakan salah satu kegiatan menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia ke-72.

Tidak hanya sebatas pameran UMKM saja, kegiatan ini juga untuk menampilkan keberhasilan pembangunan yang telah dicapai oleh Pemko Pariaman selam 4 tahun belakangan.

“Kita juga tampilkan pameran pembangunan, ada dipajang capaian-capain keberhasilan pembangunan kota Pariaman 4 tahun terakhir yang dilengkapi dengan data-data statistik. Pameran pembangunan bisa membuat masyarakat tahu perubahan yang telah dilakukan selama ini,” ujarnya.

Dikatakan Mukhlis, berkembangnya sektor pariwisata di kota Pariaman seharusnya menjadi faktor strategis bagi berkembangnya ekonomi kreatif berbasis modal kreatif. Namun hal tersebut belum mampu dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Kota Pariaman sebagai sebuah peluang emas meraup keuntungan ekonomi.

“Dengan berkembangnya pariwisata, peluang ekonomi sangat terbuka bagi pelaku usaha ekonomi kreatif. Banyak hal yang bisa diambil dari peluang peningkatan pariwisata, bisa bidang kulinernya, jasa wisata, kerajinan, dan masih banyak sebetulnya bisa dimanfaatkan,” bebernya.

Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan itu, pelaku UMKM di kota Pariaman dapat memanfaatkan peluang ekonomi di tengah menggeliatnya pariwisata Pariaman.

“Kita sudah ramaikan kota Pariaman dengan menunjang pembangunan di bidang pariwisata, kita siapkan infrastrukturnya. Nah sekarang sudah ramai, kini tinggal bagaimana pelaku ekonomi dan UMKM kita, memanfaatkan ini,” pungkasnya.

Senada dengan Mukhlis, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin optimis UMKM di kota Pariaman akan berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu.

Dukungan penuh dari Pemko Pariaman yang diwujudkan dalam bentuk pembinaan dan iven promosi serta dukungan anggaran oleh DPRD Kota Pariaman, menurut Mardison, peningkatan UMKM di kota Pariaman dapat diwujudkan.

“Kita dukung penuh upaya pemerintah untuk pemberdayaan UMKM melalui dukungan anggaran untuk segala kegiatan peningkatakan UMKM Kota Pariaman,” ujarnya. (adv)
×
Berita Terbaru Update