Kapal Karam Milik Polres Pariaman Ditemukan


Pariaman -- Setelah dilakukan penyelaman oleh tim gabungan BPBD, Polres Pariaman dan nelayan, akhirnya bongkahan besar di dasar laut Pulau Ujuang, Pariaman, dipastikan merupakan kapal C4 milik Satpol Air Polres Pariaman yang karam Kamis (29/6) silam.

Operasi pencarian kapal karam tersebut dipimpin langsung Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, pada Minggu (6/8/2017) pagi.

AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto didampingi Kabag Ops Polres Pariaman Kompol Abdus Syukur dan Kasat Intelkam Polres Pariaman Iptu Syafruddin L, menjelaskan, temuan kapal C4 milik Polres Pariaman itu berawal dari informasi seorang bernama Refidom, nelayan di Desa Taluak yang penasaran dengan karang besar merusak jaring nelayan di Pulau Ujuang.

"Menurut keterangan nelayan, sudah bertahun lamanya ia melaut namun tidak pernah terjadi di peraian Pulau Ujuang memiliki karang maupun benda besar. Karena dia penasaran, kemudian nelayan tersebut mengetes benda itu dengan menggunakan seutas tali diberi batu dan besi dan akhirnya diketahui benda tersebut adalah Kapal Pol Air C4," jelasnya.

Dilanjutkan Bagus, usai teridentifikasi tepat pukul 09.00 Wib, penyisiran dan penyeleman untuk memastikan badan kapal C4 pun dilakukan tim gabungan. Benda besar yang diduga badan kapal C4 yang telah ditandai dengan tali pun diselami.

Betul saja, tidak berselang 2 jam, pukul 11.30 Kapal C4 Sat Pol Air tersebut ditemukan. Namun kuatnya arus dan gelombang yang tinggi, evakuasi baru akan dilakukan esok hari, Senin (7/8) pagi.

"Kita akan mulai evakuasi besok hari. Posisinya telah kita beri tanda pelampung agar jika kapalnya bergeser, mudah menemukan," pungkasnya. (Nanda)