Jelang Internasional Triathlon, Pariaman Gelar Duathlon Tingkat Pelajar


Gandoriah -- 152 orang pelajar se Kota Pariaman ikuti kejuaraan Duathlon Pelajar tingkat Kota Pariaman, Minggu (5/8) pagi. Kejuaraan tersebut merupakan seleksi untuk membentuk tim Triathlon Kota Pariaman yang akan bersaing dalam Pariaman Internasional Triathlon 2017 yang akan diselenggarakan bulan November mendatang di Pantai Gandoriah.

Selain itu, kejuaraan tersebut sekaligus menjadi rangkaian memeriahkan HUT RI ke-72. Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, mengatakan persiapan atlet untuk berlaga pada iven Pariaman Internasional Triathlon 2017 harus dilakukan sejak awal, agar mampu mencapai prestasi optimal dan mendapatkan juara pada iven wisata olahraga tahunan di Pariaman itu.

“Peserta dari Kota Pariaman kita targetkan mampu masuk 5 besar pada kategori yang diperlombakan nanti. Iven besok ini bukan hanya pariwisata saja, tapi kita kembangkan menjadi pembinaan atlet profesional asal Pariaman,” ujar Genius saat membuka Duathlon Pelajar di Pantai Gondariah, Sabtu (5/8/2017) pagi.

Ditegaskan Genius Umar, pembinaan atlet Triathlon tidak berhenti pada ajang Pariaman Internasional Triathlon saja. Namun pembinaan terus berlanjut dan akan mengikutsertakan atlet ke kejuaraan triathlon lainnya di Indonesia.

“Kita serius untuk melakukan pembinaan atlet kita. Ke depan, kita akan ikut sertakan pada iven triathloan lainnya,” tegasnya.

Ia optimis, meskipun olahraga triathlon di Kota Pariaman masih baru, namun dengan seleksi dan pembinaan yang optimal, olahraga yang gabungan olahraga atletik lari, berenang dan bersepeda itu akan menjadi lahan prestasi baru bagi Kota Pariaman.

“Kita optimis, meskipun baru bagi Kota Pariaman, namun dengan pola pembinaan yang baik, tentu ini potensi bagi lahan prestasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadisdikpora Kota Pariaman Kanderi, mengatakan 10 orang pemenang ajang Duathlon Pelajar akan dilakukan latihan terpusat dalam waktu dekat.

“Kita langsung lakukan latihan terpusat, pemenang yang telah ditetapkan oleh juri akan kita ikutkan pada Pariaman Internasional Triathlon sesuai kategori masing-masing,” ujarnya. (Nanda)