Jamin Keterbukaan Informasi, Pemko Pariaman Berdayakan KIM


Pariaman -- Peranan kelompok informasi masyarakat (KIM) sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan dari pemerintah ke masyarakat luas. KIM dituntut kreatif dan terus berinovasi untuk memadukan teknologi agar produk-produk unggulan masing-masing daerah dapat dikenal oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti dalam sambutanya pada acara sarasehan KIM se-Kota Pariaman yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, di aula kantor Camat Pariaman Tengah, Rabu (23/8).

Acara ini dinarasumberi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat Yeflin Luandri, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Yalviendri, dan ketua kelompok KIM aktif dari KIM Desa Sungai Pasak bernama Sulaiman Tanjung.

Indra Sakti mengatakan di era globalisasi saat ini, komunikasi dan informasi yang cepat, tepat dan transparan, sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk membuka akses bagi keterbukaan informasi, maka pemerintah perlu menjaminnya, salah satunya dengan dibentuknya KIM.

"Masyarakat perlu diberdayakan guna memperoleh informasi yang dibutuhkan yang tentunya dapat memberikan informasi kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi," tuturnya.

Akses informasi publik, kata dia, dapat menjadi sebuah alat untuk memberdayakan masyarakat. Dengan adanya akses informasi publik, masyarakat memiliki kesempatan dan mampu mengakses pelayanan publik dan turut berpartisipasi dalam setiap proses pembuatan kebijakan yang berimbas langsung pada kehidupan masyarakat.

"Dalam sarasehan KIM di Kota Pariaman ini diharapkan mampu mensinergikan program pemerintah dengan kelompok informasi masyarakat sehingga proses pembangunan secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat dan berdayaguna," tutupnya. (Juned/OLP)