Padangpariaman Usulkan Penambahan 1.486 PNS

Foto ilustrasi/istimewa
Paritmalintang -- Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Padangpariaman, Anwar, mengatakan Pemkab Padangpariaman masih menunggu petunjuk dan izin dari Kemenpan RI terkait penerimaan CPNS jalur umur di daerah itu.

“Meskipun beberapa kementerian akan membuka tahapan seleksi CPNS pada bulan Agustus mendatang, namun hingga saat ini belum ada kejelasan apakah Padangpariaman juga diberikan izin untuk melakukan rekruitmen CPNS tahun ini,” jelasnya di Paritmalintang, Jumat (21/7/2017) pagi.

Kata dia, saat ini jumlah ASN di Kabupaten Padangpariaman sebanyak 6.633 orang fungsional dan stuktural. Dengan jumlah pegawai saat ini, pihaknya masih mengalami kekurangan pegawai sebanyak 1.486 orang. Jumlah itu juga yang diusulkan BKPSDM untuk penerimaan pegawai Padangpariaman tahun 2017 ini.

Menurutnya, usulan penerimaan CPNS di Padangpariaman lebih dominan memuat formasi guru SD, guru bidang studi di SMP serta tenaga teknis pada OPD.

“Usulan jumlah penerimaan yang kita butuhkan sebanyak itu, semuanya telah kita susun sesuai dengan abjab,” ulasnya.

Di tahun 2017 ini, sambung dia, Pemkab Padangpariaman hanya menerima pengangkatan CPNS pegawai PTT Kemenkes RI dan penyuluh pertanian Kementan.

“Ada 124 orang pegawai PNS Kemenkes pusat yaitu perawat dan bidan PTT diangkat sebagai CPNS dan 13 orang penyuluh pertanian, tinggal menunggu penyerahan surat keputusan (SK) nya saja,” imbuh dia.

Meskipun belum ada kejelasan penerimaan CPNS di Padangpariaman, ia mengimbau masyarakat di Padangpariaman untuk mempersiapkan diri jauh hari. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak terbujuk rayu pihak tertentu yang menjanjikan dapat memberikan kemudahan ataupun membantu kelulusan menjadi CPNS.

“Persiapan yang matang tentu mempengaruhi kesuksesan saat menjalani tahapan seleksi. Nah, jika ada orang atau siapa pun yang menjanjikan dapat membantu, segera laporkan kepada pihak berwajib saja,” pungkasnya.

Nanda