Mukhlis Genius Bagi-bagi Bingkisan ke Ibu Hamil


Gandoriah -- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan Wakil Walikota Genius Umar berikan bingkisan kepada setiap ibu hamil yang ada di Kota Pariaman, Jumat (21/7/2017) di Pantai Gandoriah.

Pemberian bingkisan itu merupakan bagian dari rangkaian acara HUT IBI ke-66 tingkat Kota Pariaman. Selain beri bingkisan juga diselenggarakan senam jantung sehat, sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan kampanye ibu hamil.

Walikota Mukhlis mengingatkan para ibu hamil akan pentingnya menjaga 1.000 hari pertama kehidupan yang merupakan salah satu penentu keberhasilan tumbuh kembang anak.

"Gagal tumbuh pada periode 1.000 hari pertama kehidupan, bisa mengakibatkan gangguan pertumbuhan fisik dan metabolik pada anak," kata sarjana biologi itu.

Kepada ibu hamil ia meminta agar selalu memeriksakan kehamilan secara bertahap. Jika janin dan si ibu sehat, angka kematian ibu dan bayi dapat dicegah.

"Keselamatan ibu dan bayi adalah yang utama dengan melaksanakan program KIA (kesehatan ibu dan anak), ibu selamat bayi sehat," cetusnya.

Di samping itu, sambungnya, cara hidup SEHAT (seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi dan atasi stres, awasi tekanan darah dan teratur berolahraga) mesti membudaya bagi masyarakat agar terwujudnya program Germas Pariaman.

Mukhlis, Genius dan Sekda Indra Sakti pada kesempatan itu menyempatkan diri melakukan cek tekanan darah dan kolesterol di posko kesehatan Pantai Gandoriah.

Dalam berbagai rangkaian acara yang digawangi Dinas Kesehatan setempat itu dihadirkan pula narasumber. Di antaranya dokter spesialis dalam dan dokter psikologi.

Juned/OLP