Kontes Kucing Sehat Pariaman Ramai Peserta

Genius sambut baik dengan banyaknya pecinta kucing di Pariaman
Pemerintah Kota Pariaman gelar "Pariaman Cat Show" atau kontes kucing sehat tahun 2017 di Rumah Tabuik Subarang, Samping Balaikota, Sabtu (8/7/2017) pagi.

Kegiatan Pariaman Cat Show merupakan langkah yang digiatkan untuk mensosialisasikan Perda Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Rabies.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, mengatakan, kontes kucing merupakan sosialisasi oleh pihaknya agar masyarakat yang memiliki hewan peliharaan rumahan untuk memperhatikan kesehatan hewan peliharaan melalui pengecekan kesehatan secara berkala di Pos Kesehatan Hewan yang ada di Kota Pariaman.

"Kucing merupakan hewan yang paling banyak dipelihara di rumah masyarakat, harus dipastikan tidak terjangkit penyakit hewan seperti rabies atau penyakit lainnya," ujarnya.

Dikatakannya, melihat tingginya antusias peserta dan pengunjung kontes kucing yang mencapai 70 peserta dari seluruh Sumatera Barat, pihaknya berniat menjadikan  kegiatan tersebut menjadi iven tahunan dengan harapan peserta lebih banyak lagi.

"Saya juga tidak menyangka ada banyak komunitas pecinta kucing di Kota Pariaman. Antusias masyarakatnya pun juga tinggi. Jika kita kelola ini menjadi iven wisata tentu akan baik lagi," sambungnya.

Menurut Genius, memelihara kucing saat ini telah bergeser menjadi gaya hidup masyarakat. Hal tersebut juga akan berdampak dan membuka peluang usaha Pet Shop atau jasa kebutuhan hewan peliharaan yang menjual makanan dan jasa pemeliharaan kucing.

"Ini telah menjadi semacam sosialita masyarakat. Dengan banyaknya komunitas pecinta kucing, tentu membuka peluang usaha yang berkaitan dengan hewan peliharaan, seperti makanan, jasa penitipan hewan dan perawatannya. Ini juga membuka peluang usaha baru," pungkasnya.

Sementara itu, dua orang pengunjung kontes Pariaman Cat Show, Siti dan Cucu Cahayati mengaku senang dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Menurut mereka, selain pengunjung berkesempatan melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis kucing peliharaan lokal dan ras lain, penyampaian sosialisasi Perda Pencegahan dan Penanggulangan Rabies dalam acara tersebut mengedukasi masyarakat memperhatikan kesehatan hewan peliharaan.

"Kegiatan ini dapat mengedukasi kita bahwa memelihara kucing atau hewan peliharaan lainnya itu tidak cukup dengan memberikan makan. Mesti ada pengecekan dan pemeliharaan kesehatannya juga. Jika tidak diperhatikan, hewan peliharaan yang kini menggemaskan bisa menjadi membahayakan bagi pemelihara," ujarnya.

Ia menyambut baik rencana Pemko Pariaman menjadikan Pariaman Cat Show sebagai iven wisata tahunan. Menurutnya, iven seperti ini akan ramai dikunjungi, namun harus didorong dengan promosi yang luas.

"Sebetulnya komunitas ini banyak di Sumatera Barat, namun mungkin tahap awal, promosinya juga belum luas. Kita berharap tahun depan bakal lebih ramai dari yang ini," tandasnya.

Nanda