17 July 2017

Ketua PKK Pariaman Raih Penghargaan Nasional


Lampung -- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Dafreni Afdal Mukhlis, terima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIV di Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Enti Guntarti Tjahjo Kumolo di Pondopo Wahan Agung, Kompleks Rumah Dinas Gubernur Lampung.

Penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Penghargaan kepada Istri Walikota Pariaman itu diberikan atas prestasi, komitmen, kerjasama serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Dafreni, Senin (17/7) di Pariaman, mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya adalah penghargaan untuk seluruh warga Kota Pariaman yang sabiduak sadayuang dalam mensukseskan program keluarga berencana.

"Penghargaan ini uga saya persembahkan untuk seluruh anggota Tim Penggerak PKK, seluruh warga dan segenap jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kota Pariaman (DP3AKB). Semoga Tim Penggerak PKK Kota Pariaman semakin kompak dan saling kerjasama dalam mensukseskan program pemerintah," ujar Dafreni memaknai penghargaan yang diraihnya itu.

Menurutnya, masalah kependudukan merupakan permasalahan utama dalam mengantisipasi ledakan penduduk yang bisa saja terjadi, jika tidak ada sosialisasi program KB maupun program pengendalian penduduk.

"Sebagai ketua tim penggerak PKK, sudah kewajiban kami membantu pemerintah daerah mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program KB," jelasnya.

PKK Kota Pariaman, sambungnya, bersama Dinas DP3AKB dan Dinas Kesehatan mensosialisasikan KB mulai dari tingkat kota sampai ke tingkat desa, pencanangan kampung KB, bakti sosial gerak PKK, dan pelayanan terpadu bersama yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan.

Di saat yang sama, Kepala DP3AKB, Definal, menjelaskan bahwa peran serta PKK dalam membantu program KB sangat tinggi.

"Kami sangat terbantu dengan dukungan dan kegiatan PKK yang bersinergi dengan program pemerintah daerah," ujar dia.

Berdasarkan target peserta KB baru yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Kota Pariaman mampu meraih target 100 persen pada tahun 2016. Hal ini menandakan kesadaran para orang tua pada era sekarang untuk memiliki keluarga yang berkualitas semangkin tinggi.

ASKB