Kelompok Usaha Miskin Pariaman Terima Bantuan Rp20 Juta

Mukhlis serahkan bantuan Kube Fm secara simbolis kepada salah satu kelompok
Pemko Pariaman selenggarakan bimbingan tekhnis bagi penerima manfaat kelompok usaha bersama (Kube) fakir miskin (Fm) perkotaan Pariaman di aula Pondok Indah, Kampung Pondok, Pariaman Tengah, Rabu (12/7). Masing Kube Fm yang beranggotakan 10 orang menerima bantuan sebesar Rp20 juta.

Kepala Bidang Penanggulangan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Heni Henida, saat ini tercatat sebanyak 17.782 Kube Fm di Sumatera Barat dengan tenaga pendamping sebanyak 1.770 orang.

Ia berkata, program Kube Fm merupakan program berkelanjutan. Dalam jangka 5 tahun ke depan, kelompok Kube Fm penerima bantuan harus mengembalikan pinjaman tersebut kepada pemerintah untuk disalurkan kepada kelompok lainnya.

"Ke depan program bantuan tunai akan dihapus dan akan diganti dengan program e-Warung Kube. Masyarakat penerima akan langsung tenerima bantuan sesuai dengan yang diperuntukan, bukan dalam bentuk uang cash lagi," kata dia.

Sementara itu Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyebutkan, selain bantuan Kube Fm pihaknya telah banyak mengeluarkan program pengentasan kemisikinan. Di antaranya Program Keluarga Harapan dan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni.

Selain itu sebut Mukhlis, pihaknya juga menggandeng Baznas Kota Pariaman untuk menyalurkan bantuan langsung melalui sejumlah program. Program Baznas menyasar masyarakat miskin dan pelajar dari keluarga tidak mampu.

"Bagi penerima Kube Fm saya minta mengelola dana tersebut untuk peningkatan ekonomi. Jangan lupa bersyukur dan meningkatkan keimanan supaya keluar dari kemiskinan," kata Mukhlis.

TIM