Anak Nagari Lambeh Lombakan Permainan Tradisional di Bukik Siriah


Lambeh -- Pemuda Korong Lambeh, Kecamatan Sungai Geringging gelar iven permainan anak nagari di area wisata Bukik Siriah, Sabtu (1/7/2017)

Kegiatan yang baru pertama dihelat tersebut merupakan rangkaian kegiatan alek nagari yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat.





Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain seni pencak silat, tari galombang, festival lagu minang, panjek pinang, lomba lari galuak dan lomba oto katarok. Acara dilaksanakan mulai hari Rabu hingga Minggu 2 juli 2017.

Menurut ketua panitia acara, Asril, kegiatan yang dilaksanakan di nagarinya itu untuk mengembalikan eksistensi permainan anak nagari yang telah mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

"Ini sebagai bentuk kepedulian anak nagari terhadap pelestarian permainan dan budaya asli yang kita miliki," ujar dia.

Gino, 12 tahun, salah satu peserta lomba oto katorok mengaku senang dapat mengikuti perlombaan oto katorok dan galuak. Selain merasakan keseruan berlomba ia juga merasakan kebersamaan dengan teman-teman sebayanya.

Iven tersebut sebagai bentuk dukungan nagari menjadikan Dusun Lambeh sebagai desa wisata di Padangpariaman. Acara tersebut juga mendapat dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Padangpariaman.

Jupriman