Air Laut Naik, Puluhan Rumah Terendam di Pasir Baru

BPBD Padangpariaman sedang melakukan evakuasi
Pilubang -- 20 rumah warga, 1 rumah ibadah dan 1 bangunan sekolah SD di Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Padangpariaman, terendam air laut pasang, Jumat (28/7/2017). 

Akibat peristiwa itu, warga pun harus dievakuasi ke rumah sanak famili yang jauh dari lokasi rendaman air laut pasang tersebut.

Menurut Kepala BPBD Padangpariaman Amiruddin, terendamnya area perumahan warga disebabkan tingginya gelombang laut yang mencapai 3 meter. Air menggenangi area perumahan warga hingga kedalaman 40 cm.

Ia mengatakan, usai mendapatkan informasi dari masyarakat tentang air laut pasang, regu TRC BPBD Padangpariaman langsung dia kerahkan untuk melakukan evakuasi kepada warga.

"Dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, gelombang memang sedang tinggi," ujarnya.

Menurut Amiruddin, peristiwa pasang air laut yang merendam rumah warga di Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang, sudah hal yang lumrah terjadi kala air laut pasang.

Ia mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap gelombang pasang yang acap kali terjadi. "Kita sampaikan kepada masyarakat untuk tetap waspada," ujarnya. (Nanda)