Agar Murid Betah, Genius Imbau Guru Ciptakan Suasana Nyaman di Sekolah


Rawang -- Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman gelar Kursus Mahir Dasar (KMD) selama 6 hari, dari tanggal 24 hingga 30 Juli 2017, di BP Paud dan Dikmas Sumbar, Rawang, Selasa (25/7/2017).

Pelatihan itu bertujuan untuk membangkitkan semangat 'valounter' atau jiwa relawan seorang pramuka, baik bagi sekolah dan lingkungannya, maupun mengabdi untuk daerahnya.

Kemahiran dasar yang diikuti peserta meliputi pelatihan karakter pengembangan diri, teori kepramukaan dan praktek lapangan.

Ketua Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Genius Umar, mengatakan semangat relawan pramuka mesti diperkuat. Baik melalui kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, perkemahan, jelajah alam dan keterampilan.

"Sehingga anak-anak didik akan merasa enjoy dan senang dengan kegiatan pramuka," tuturnya.

Melalui KMD bagi para pembina kamabigus itu diharapkan setiap sekolah minimal mempunyai 1 orang guru yang paham dan mengerti tentang pramuka. Sehingga ilmu yang didapatkan mampu dibagikan kepada para pelajar.

Masih kata Genius, ke depan pihaknya akan buat perlombaan untuk sekolah tergiat melaksanakan ekstrakurikuler pramuka yang akan mendapat reward khusus dari pemerintah.

Ia juga mengimbau agar para guru dan kepala sekolah yang menjadi pembina dan kamabigus, agar membuat suasana menyenangkan di lingkungan sekolah.

"Sehingga siswa-siswi akan merasa senang, gembira dan nyaman yang membuat mereka akan merasa kerasan berlama lama di sekolah," tutupnya.

Juned/OLP