Sebar SMS Aduan Pelayanan Wisata, Mukhlis: "Jangan Main-Main dengan Saber Pungli!"


Memasuki H+3 liburan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017, Pesta Pantai Pariaman berjalan dengan aman dan lancar. Pengunjung saat lebaran di pantai teramai di Sumbar itu menikmati berbagai wahana permainan, wisata ke pulau hingga menyantap aneka kuliner spesifik Pariaman yang banyak dijual pedagang.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyebut pihaknya telah meningkatkan pelayanan dari tahun sebelumnya. Berbagai regulasi yang dibuat pihaknya berdampak pada kelancaran berbagai pelayanan.

"Pengunjung yang datang sudah disediakan tempat parkir dengan tarif yang sudah ditentukan. Tak ada pungli dan kapal wisata berjalan sesuai dengan SOP serta kuliner dengan standar yang terjangkau oleh pengunjung," ungkap Mukhlis di Pantai Gandoriah saat start lomba perahu hias, Selasa (27/6/2017).

Pemerintah kata dia, selalu mengawasi oknum-oknum petugas yang memanfaatkan keramaian pengunjung untuk meraih keuntungan pribadi dengan cara ilegal. Wisatawan diimbau untuk menyampaikan keluhan dan ketidaknyamanan kepada petugas di posko keamanan di pantai Gandoriah.

Tertangkapnya petugas parkir pada H+2 lebaran di Lapangan Merdeka, imbuh Mukhlis, menandakan pengawasan berjalan dengan baik. Semua itu berkat laporan dari masyarakat.

Ia mengimbau para petugas jangan bermain-main dalam menjalankan tanggungjawab. "Kita sudah punya Saber Pungli yang akan menindak bila menjalankan tugas tidak sesuai aturan. Selain posko pengaduan pengunjung dapat melaporkan kejadian atau ketidaknyaman terhadap pelayanan wisata pada nomor SMS pengaduan masyarakat  082390595656," pungkas orang nomor satu di Kota Pariaman itu.

Juned/OLP