Lomba Kapal Hias, Pesta Pantai Pariaman Kian Semarak

Lomba kapal hias di halaman Pantai Gandoriah
Gandoriah -- Pilisi Resor Pariaman (Polres Pariaman) menggelar festival perahu hias di Pantai Gondariah, Pariaman, Selasa (27/6/2017). Kegiatan yang dimulai hari ini, masih akan berlangsung hingga H+7 lebaran Idul Fitri atau hingga akhir Pesta Pantai di Kota Pariaman. 
Kapolres dan Genius Umar perhatikan jalannya lomba kapal hias


Kapolres Pariaman, AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, mengatakan, iven festival perahu hias merupakan upaya cipta kondisi Polres Pariaman mendorong agar nelayan dan pengusaha kapal wisata penyeberangan pulau lebih memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan wisata saat melakukan penyeberangan.

Turut dihadiri oleh Asisten Deputi Kementerian Pariwisata (Asdep Kemenpar) RI, Raseno Arya


Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus memotivasi dan merangsang nelayan dan pengusaha kapal wisata untuk sadar wisata dengan menerapkan SOP penyeberangan.

"Melalui kegiatan ini sebetulnya kita menggugah pihak terkait dengan pelayanan penyeberangan bahwa keselamatan dan keamanan itu adalah terpenting dalam pelayanan wisata. Salah satunya adalah mengikuti SOP yang ditetapkan," ujarnya usai melepas rangkaian pawai kapal nelayan.

Bagus dalam penyampaiannya berniat untuk menjadikan festival perahu hias tersebut diselenggarakan rutin tiap tahun. Bukan sebatas peringatan Hut Bhayangkari, namun menjadi kalender wisata di Kota Pariaman.

"Kita siap jadikan ini iven rutin tiap tahun. Jika memang Pemko Pariaman ada niat menjadikan kalender wisata, kita siap memfasilitasi dan insya Allah akan lebih meriah dengan peserta dari luar Pariaman juga," ulasnya.

Diungkapkannya, dari hasil pengecekan dan monitoring kapal wisata penyeberangan di Kota Pariaman, masih ditemukan beberapa unit kapal yang beroperasi tidak sesuai dengan SOP. Namun kapal tersebut telah dihentikan operasionalnya sementara, hingga dipenuhinya fasilitas penunjang keamanan dan keselamatan kapal.

"Penyeberangan pulau adalah soal jiwa, makanya setiap kapal harus dilengkapi fasilitas penunjang keamanan dan keselamatan penyeberangan. Dan aspek keamanan dan keselamatan merupakan bagian dari penemuhan sapta pesona pariwisata," pungkasnya.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman didampingi Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, mengapresiasi langkah Polres Pariaman mengadakan festival perahu hias di Pantai Gondariah Pariaman. Iven itu ia harapkan dapat membangun kesadaran dari pelaku usaha penyeberangan pulau dalam mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan penyeberangan pulau.

"Kita sangat berterimakasih kepada jajaran Polres Pariaman yang menyelenggarakan festival perahu hias. Tentunya kita berharap iven ini dapat membangun paradigma masyarakat bahwa keselamatan dan keamanan hal utama yang diberlakukan dalam pelayanan penyeberangan pulau," ujarnya.

Menurutnya, iven ini bukan sebatas festival keselamatan dan keamanan penyeberangan saja namun memiliki daya tarik wisata di Kota Pariaman. Ia berniat mengangkat festival perahu hias menjadi iven rutin kalender wisata Kota Pariaman.

"Acara ini bukan hanya festival biasa, tapi bisa kita angkat menjadi iven rutin dalam kalender wisata Kota Pariaman, tentunya dikemas dengan lebih menarik dan peserta jauh lebih banyak. Sepertinya tahun depan bisa kita angkat iven ini," sebutnya.

Adapun kriteria yang dinilai pada lomba tersebut adalah kelengkapan alat keselamatan seperti pelampung dan kelayakan kapal, surat izin, serta keindahan penampilan dari kapal wisata itu sendiri.

Nanda